Jerman Minta Eropa Kompak soal Isu Saudi
Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier. (Foto: AFP/JOHN MACDOUGALL)
Berlin: Jerman meminta negara-negara Eropa kompak mengenai isu Arab Saudi, terutama mengenai apakah sebaiknya melanjutkan atau menghentikan ekspor senjata ke Riyadh. Pernyataan disampaikan Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier, Senin 22 Oktober 2018.

Dia menekankan kembali pernyataan Kanselir Angela Merkel pada Minggu, yang mengatakan bahwa Berlin "saat ini tidak akan menyetujui ekspor senjata (ke Arab Saudi) karena kami ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi."

Kanselir Merkel merujuk pada kasus kematian Jamal Khashoggi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober. Arab Saudi mengakui Khashoggi tewas usai berkelahi dengan sejumlah orang di gedung tersebut.


"Semua penjelasan sejauh ini tidak memuaskan," ungkap Kanselir Merkel, seperti dilansir dari kantor berita AFP.

Baca: Rentetan Waktu Pembunuhan Jamal Khashoggi

Altmaier, orang dekat Kanselir Merkel, menilai bahwa menghentikan ekspor senjata tidak akan efektif jika nantinya "ada negara-negara lain yang mengisi kekosongan tersebut."

"Hanya jika semua negara Eropa sepakat (melanjutkan atau menghentikan ekspor senjata), maka hal itu akan berpengaruh terhadap Riyadh," sebut Altmaier.

Bulan lalu, Jerman menyetujui ekspor senjata senilai 416 juta euro atau setara Rp7,2 triliun ke Arab Saudi. Di masa lalu, ekspor militer Jerman ke Arab Saudi sebagian besarnya adalah kapal patroli.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id