"The Colours of Indonesia" merupakan inisiatif yang baru pertama kali diadakan di Swedia. (Foto: KBRI Stockholm)

Kopi serta Batik Indonesia Pikat Warga Swedia dan Latvia

Internasional batik kopi
26 Mei 2018 16:19
Stockholm: Dalam rangka promosi kopi dan batik Indonesia di Swedia, KBRI Stockholm baru-baru ini menggelar kegiatan bertema "The Colours of Indonesia" di Sheraton Hotel, Stockholm, Swedia, yang dilanjutkan hingga ke kota Riga, Latvia.
 
Acara yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Swedia dan Latvia, Bagas Hapsoro, menampilkan tiga kegiatan utama. Yakni presentasi kopi spesial (specialty coffee), workshop batik dan fashion show batik.
 
Dalam keterangan tertulis KBRI Stockholm yang diterima Medcom.id, Sabtu 26 Mei 2018, para peserta coffee cupping Swedia menyatakan sangat tertarik dengan cita rasa kopi Indonesia. Dalam pertemuan business to business, mereka membicarakan berbagai kerja sama dengan perusahaan asal Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti diketahui, Swedia merupakan salah satu negara konsumen kopi terbesar dunia, dengan konsumsi sekitar 8,4 KG kopi per kapita per tahun. Meski dikenal sebagai eksportir kopi ke-4 terbesar dunia, kopi Indonesia ternyata belum banyak dikenal di Swedia.
 
Tak hanya kopi sebagai komoditas ekspor unggulan, acara "The Colours of Indonesia" juga menjadi momentum untuk memperkenalkan batik - warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity.
 
Kopi serta Batik Indonesia Pikat Warga Swedia dan Latvia
"The Colours of Indonesia." (Foto: KBRI Stockholm)
 
Peragaan busana batik dan workshop singkat yang diadakan oleh Galeri Batik Jawa mendapat sambutan antusias para undangan yang terdiri dari wakil Pemerintah Swedia, Duta Besar negara sahabat, dan asosiasi industri fashion Swedia.
 
Sebelas orang model cantik bergantian menampilkan berbagai design Batik untuk empat musim di Swedia, lengkap dengan beragam aksesorisnya. Batik yang diboyong ke negara Skandinavia ini pun bukanlah batik biasa, namun jenis batik "indigo" yang proses pembuatannya menggunakan tanaman indigofera tinctoria.
 
Pewarnaan alami dari daun indigo, menghasilkan batik berwarna biru, yang disebut "Colour of the King," mengingatkan pada warna biru yang dipakai dalam pakaian raja-raja Jawa zaman dahulu.
 
Menurut Duta Besar RI utk Swedia Bagas Hapsoro; promosi kopi dan batik dengan tema ”The Colours of Indonesia” merupakan inisiatif yang baru pertama kali diadakan di Swedia.
 
"Melalui kegiatan ini, kita harapkan ekspor kopi dan produk tekstil Indonesia ke Swedia semakin meningkat; dengan demikian perusahaan Indonesia pun bisa meningkatkan profit sekaligus mempromosikan wisata dan budaya Indonesia khususnya ke wilayah eropa," pungkasnya.
 
Kopi serta Batik Indonesia Pikat Warga Swedia dan Latvia
Pengenalan batik biru di "The Colours of Indonesia." (Foto: KBRI Stockholm)
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif