Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai (Foto: Medcom.id)

Badai Atiyah Picu Pemadaman Listrik di Irlandia

Internasional politik irlandia topan badai
Willy Haryono • 10 Desember 2019 09:28
Dublin: Sekitar 2.000 orang di Irlandia kehilangan pasokan listrik seiring kedatangan Badai Atiyah, Senin 9 Desember 2019 malam waktu setempat. Perusahaan listrik ESB Networks menyebut ada sekitar 27 ribu pelanggan yang terkena dampak Badai Atiyah.
 
Dilansir dari RTE, ESB mengaku sedang bekerja keras dalam memulihkan aliran listrik kepada semua pelanggan. Sementara para pengguna kendaraan bermotor diminta berhati-hati saat melaju di jalan raya karena adanya angin kencang yang dibawa Badai Atiyah.
 
Badai Atiyah dikabarkan telah menumbangkan pepohonan di beberapa ruas jalan di Kerry, Sligo, Wicklow, Kilkenny dan Longford. Status siaga level jingga telah diberlakukan di sembilan wilayah Irlandia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekitar 24 insiden terkait Badai Atiyah dilaporkan terjadi di wilayah Kerry. Tiupan angin kencang di wilayah tersebut sempat membuat level waspada naik ke warna Merah atau berbahaya.
 
Meski membawa hujan deras dan angin kencang, Badai Atiyah tidak terlalu berdampak di wilayah Midlands Irlandia.
 
"Tiupan angin kencang terjadi cukup merata (di Irlandia)," kata seorang meteorolog dari Met Office, Alex Burkill.
 
"Kondisi di wilayah barat dan barat daya sangat berangin. Mungkin di dua wilayah tersebut akan terlihat dampak terparah (dari Badai Atiyah," sambung dia.
 
Selain di Irlandia, dampak Badai Atiyah dikabarkan terasa hingga ke Wales. Di sana, sekitar 5.500 orang dilaporkan kehilangan aliran listrik.
 
Kuatnya tiupan angin yang dibawa Atiyah ternyata juga berdampak positif, terutama untuk pembangkit listrik tenaga angin. Angin kencang yang dibawa Atiyah memasok 43,7 persen listrik untuk warga Britania Raya, sementara yang dari energi nuklir hanya 20,5 persen.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif