Warga RI di Jerman Gelar Aksi Peduli
Salah satu aksi peduli dari IFD. (Foto: Dok. KBRI Berlin)
Berlin: Sejumlah kelompok masyarakat Indonesia di Jerman menggelar aksi solidaritas sosial bertajuk "Indonesia fur Deutschland" atau Indonesia untuk Jerman. IFD merupakan kegiatan amal berupa pemberian bingkisan kepada warga Jerman yang tidak mampu.

Tahun ini, keempat kalinya IFD diselenggarakan. Kali ini aksi solidaritas sosial digelar serentak di 14 kota, antara lain Berlin, Dessau, Kassel, Frankfurt, Dresden, Karlsruhe, Stuttgart, Munich, Gielben, Duisburg, Hamburg, Bremen, Bonn dan Lommel.

Kelompok masyarakat yang ikut serta dalam IFD tahun ini adalah PCI-NU Jerman, Warung Nusantara, Tuk Tuk Restoran, Gerakan Indonesia Peduli, Nyama Braya Bali, Kelompok Pasundan Berlin, Keluarga Mahasiswa Katolik Indonesia Berlin, Forum Alumni Universitas Telkom Jerman, Iluni UI Jerman dan GoPajak.com. 


"Saya salut untuk solidaritas yang ditunjukkan. Ini adalah cerminan budaya luhur bangsa kita yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan solidaritas sosial, walaupun kepada orang berbeda negara," kata Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Selasa 6 November 2018.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga bagian dari promosi citra Indonesia di Jerman. IFD mengenalkan sisi lain di mana Indonesia menunjukkan martabat bangsa yang memiliki kepedulian.

Sementara itu, Badan Amal Inggris (Charities Aid Foundation) menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia pada tahun ini. Indonesia menduduki peringkat teratas dari 146 negara yang surveynya dilakukan oleh World Poll Initiative Gallup.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id