Patung Margaret Thatcher. (Foto: Getty)
Patung Margaret Thatcher. (Foto: Getty)

Khawatir Dirusak, Patung Margaret Thatcher Batal Dipajang

Internasional politik inggris
Arpan Rahman • 07 Juli 2017 16:58
medcom.id, London: Rencana memajang patung Margaret Thatcher dibatalkan atas kekhawatiran akan dirusak tangan-tangan jahil di masa mendatang.
 
Pengusung kampanye untuk Si Wanita Besi -- julukan Thatcher -- berharap bisa mendirikan patung perunggu setinggi tiga meter dari perdana menteri wanita pertama Inggris di kawasan Parliament Square.
 
Namun sejumlah dokumen mengungkapkan keberatan telah diajukan Royal Parks, pemilik lahan yang diusulkan untuk peletakan patung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terungkap juga bahwa asosiasi warga kota keberatan dengan alasan bahwa tokoh Partai Tory yang terkenal itu "cukup kontroversial dan berisiko terkena vandalisme."
 
Si Wanita Besi atau The Iron Lady masih menjadi sosok yang sangat dibenci sayap kiri, 27 tahun sesudah dia meninggalkan Downing Street dan empat tahun setelah kematiannya.
 
Usulan patung diajukan badan amal Public Memorials Appeal, yang mengirim permohonan ke Westminster City Council.
 
Tampak patung tersebut menggambarkan Nyonya Thatcher dalam "postur tegap melihat ke arah Parlemen dengan tatapan tegas."
 
Pada 2002, sebuah patung marmer Thatcher senilai USD194 ribu dipenggal di sebuah galeri seni London. Dia adalah tokoh polarisasi, dan banyak dicap busuk karena membuat pernyataan seperti: "Tidak ada yang namanya masyarakat."
 
Sejumlah pejabat Inggris mengatakan mereka tidak akan mendukung usulan tersebut karena patungnya belum mendapat dukungan dari keluarga Nyonya Thatcher.
 
Putri Thatcher menyatakan ketidaksenangan dengan desain, dan mengaku kecewa karena patung itu tidak menyandang tas tangan.
 
"Membatalkannya karena takut kepada preman dan pengacau adalah pendekatan menyedihkan yang paling disesalkan Lady Thatcher," kata politisi asal Partai Tory, Jacob Rees-Moog, seperti dikutip Newshub, Jumat 7 Juli 2017.
 
Juru bicara Royal Parks berkata pada Kamis malam bahwa mereka telah meminta jaminan dari pemohon patung tentang persetujuan dari keluarga yang bersangkutan.
 
Saat ini sudah ada patung perunggu Thatcher setinggi 2 meter di dalam Parlemen Inggris, tepatnya di Lobby Commons Members, yang diresmikan pada 2007.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif