Gelaran Kampung Indonesia di Stockholm, Swedia (Foto: Dok.KBRI Stockhom).
Gelaran Kampung Indonesia di Stockholm, Swedia (Foto: Dok.KBRI Stockhom).

Memeriahkan Kota Stockholm dengan Semarak Kampung Indonesia

22 Juli 2017 15:05
medcom.id, Stockholm:  Budaya Indonesia sangatlah beragam. Mempromosikan kebudayaan Indonesia kepada khalayak internasional adalah salah satu tugas perwakilan RI yang ada di luar negeri.
 
Kali ini, beragam kebudayaan Indonesia akan dipromosikan di Swedia, tepatnya di Stockholm. Tengah kota Stockholm akan ramai dengan suara, warna ataupun rasa dari Indonesia.
 
Taman Kungstradgarden yang terletak di jantung kota Stockholm, Swedia, akan disemarakkan dengan acara Festival Indonesia yang mengangkat tema Kampung Indonesia in Kungstradgarden. 
 
Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Juli 2017 ini akan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya antara lain berupa pertunjukan musik Angklung oleh Kelompok Saung Udjo dari Bandung, penampilan tari-tarian tradisional oleh grup tari INA Dance dan Malang Flowers Dance, band Komunitas Indonesia di Swedia, serta flashmob Goyang Maumere di tengah-tengah pengunjung Festival.
 
Untuk menambah kemeriahan acara, akan diperkenalkan pula cita rasa masakan Indonesia dengan menampilkan cooking demonstration oleh salah satu Master Chef Indonesia, William Wongso dan tim. Kesempatan Festival akan dimanfaatkan pula untuk menampilkan foto-foto yang menyajikan keindahan Indonesia hasil bidikan Fotografer top Indonesia, Ebbie Vebri Adrian.
 
Selain penampilan seni budaya di panggung utama, di sekitar panggung akan didirikan area stand Kampung Indonesia, yang diisi oleh beberapa Restoran Indonesia di Stockholm yakni Restoran Warung dan Erna's Bistro, produk kerajinan tangan dan batik khas Indonesia, biro perjalanan dan paket wisata ke Indonesia oleh Orient Tours dan Asien Paradisresor, area permainan tradisional anak, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, dan stand informasi tentang Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Stockholm.
 
"Acara Festival Indonesia ini merupakan upaya untuk semakin memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Swedia dan sekitarnya. Baik dari segi ragam seni budaya, keindahan alam dan kecantikan obyek pariwisata, keragaman produk kerajinan, dan juga ditujukan untuk meningkatkan arus masuk wisatawan khususnya dari Swedia untuk berlibur ke Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Swedia merangkap Latvia Bagas Hapsoro, dalam keterangan tertulis KBRI Stockholm, yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu 22 Juli 2017.
 
Dalam kegiatan ini, KBRI Stockholm mendapatkan dukungan dan bekerjasama dengan beberapa pihak, antara lain Kementerian Pariwisata RI, Badan Ekonomi Kreatif RI, Pemerintah Kota Bandung, Bank Mandiri, Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Be Wish International Tour.
 
Diperkirakan puluhan ribu pengunjung akan menghadiri Festival Indonesia di Kungstradgarden, yang terletak di kawasan bergengsi kota Stockhol. Wilayah ini merupakan salah satu pusat keramaian yang biasa dipadati oleh masyarakat Swedia dan turis-turis manca negara yang sedang berlibur ke Swedia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif