Boris Johnson memenangkan kursi Ketua Partai Konservatif dan otomatis menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru. Foto: AFP.
Boris Johnson memenangkan kursi Ketua Partai Konservatif dan otomatis menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru. Foto: AFP.

Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris Terbaru

Internasional inggris boris johnson
Fajar Nugraha • 23 Juli 2019 18:25
London: Boris Johnson memenangkan kursi kepemimpinan Partai Konservatif. Dengan kemenangan itu, Johnson dipastikan akan menggantikan Theresa May sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru.
 
Mantan Wali Kota London itu mengalahkan Jeremy Hunt yang juga mengejar posisi yang sama. Hunt sebelumnya menjabat Menteri Luar Negeri Inggris.
 
Dalam penghitungan suara di Partai Konservatif, Johnson mendapatkan dukungan 92.153. Sementara Hunt hanya meraih 46.656 suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah terpilih, politikus nyentrik ini memberikan penghargaannya kepada Jeremy Hunt dan juga memberikan penghormatannya kepada Theresa May.
 
“Hunt memiliki banyak ide yang bagus dan saya berjanji akan mengambil ide-ide tersebut,” ujar Johnson, seperti dikutip BBC, Selasa, 23 Juli 2019.
 
“Penghargaan juga saya ucapkan kepada Theresa May yang sudah melayani negara ini dengan baik,” ucapnya.
 
May pun memberikan ucapan selamat kepada pria berambut pirang tersebut. Melalui Twitter, May mendukung penuh penunjukkan Johnson sebagai Ketua Partai Konservatif dan PM Inggris.
 
“Kini saatnya kita bekerja sama untuk mewujudkan Brexit yang bisa mewakili seluruh rakyat Inggris dan menjauhkan (Ketua Partai Buruh) Jeremy Corbyn dari pemerintahan. Anda (Johnson) saya dukung penuh,” tulis Theresa May.
 
Selasa 23 Juli adalah hari terakhir May menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris. Sementara Johnson sendiri akan memegang perannya sebagai kepala pemerintahan Inggris pada Rabu 24 Juli.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif