Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Festival Indonesia Bawa UMKM ke Pasar Rusia

Internasional indonesia-rusia Diplomasi Ekonomi
Marcheilla Ariesta • 16 Januari 2020 15:16
Jakarta: Kegiatan tahunan Festival Indonesia kembali digelar di Moskow, Rusia. Bertempat di Taman Krasnaya Tresnya, kegiatan ini akan diselenggarakan pada musim panas, tepatnya 31 Juli hingga 2 Agustus 2020.
 
Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi mengatakan, kegiatan ini dilakukan kelima kalinya di ibu kota Moskow. Festival ini merupakan ajang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan produk lokal dengan kualitas tinggi ke Rusia.
 
"Festival Indonesia Moskow yang tahun ini adalah yang kelima kali diselenggarakan, pada 31 Juli hingga 2 Agustus dan akan didahului business forum," kata Dubes Wahid kepada awak media di Jakarta, Kamis 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahid mengatakan kegiatan kali ini sekaligus menjadi perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia. Dia menargetkan festival tahun ini dihadiri 135 ribu pengunjung.
 
Sementara itu, Wahid mengatakan, pihaknya juga menargetkan USD15 juta untuk kesepakatan bisnis dari festival ini. Pada 2019, festival tersebut menghasilkan kesepakatan bisnis hingga USD10,7 juta.
 
"Namun real transaction banyak sebenarnya. Saya kira kita bisa manfaatkan dari segi garmen. Kita harap forum bisnisnya akan meningkat," imbuh dia.
 
Tahun lalu, Festival Indonesia dihadiri 117 ribu pengunjung dan pebisnis Rusia. Selama festival berlangsung, bisnis forum menghasilkan kesepakatan USD10,7 juta.
 
Wahid menggunakan festival ini sebagai tempat mempertemukan para pebisnis Indonesia dan Rusia. Menurutnya, potensi Rusia cukup besar dan harus banyak digali lagi.
 
"Rusia adalah negara dengan pasar 147 juta orang. Rusia juga rumah bagi 24 juta Muslim," terangnya.
 
Karenanya, Rusia berpotensi sangat baik bagi produk halal Indonesia, mulai dari makanan hingga kosmetik.
 
Bagi UMKM yang ingin bergabung dalam festival ini, diminta untuk langsung menghubungi Kedutaan Besar RI di Moskow. Nantinya para UMKM yang telah mendaftar akan diseleksi.
 
Proses seleksi dilihat dari produk dan juga potensi ekspor UMKM tersebut. Kebanyakan UMKM yang berhasil melewati seleksi adalah yang bergerak di bidang fesyen.
 
Untuk perusahaan besar, Wahid mengatakan sudah ada Indofood, Torabika, Kapal Api, dan produsen ban mobil Archilles.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif