Badai Amelie menghantam wilayah pesisir di Rocher de la Vierge, Prancis, Minggu 3 November 2019. (Foto: AFP / GAIZKA IROZ)
Badai Amelie menghantam wilayah pesisir di Rocher de la Vierge, Prancis, Minggu 3 November 2019. (Foto: AFP / GAIZKA IROZ)

Badai Amelie Picu Pemadaman Ribuan Rumah di Prancis

Internasional topan badai prancis
Willy Haryono • 04 November 2019 06:46
Paris: Puluhan ribu rumah di Prancis kehilangan aliran listrik seiring datangnya Badai Amelie yang membawa hujan deras serta angin kencang ke pesisir Atlantik dan beberapa wilayah selatan negara tersebut.
 
Perusahaan pemasok Enedis mengatakan pemadaman listrik berimbas pada 55 ribu rumah, sebagian besar berada di wilayah Nouvelle Aquitaine, sejak Minggu 3 November pukul 17.00 waktu setempat.
 
Beberapa area di Nouvelle Aquitane masuk kategori peringatan "level oranye" karena cuaca ekstrem. Tiupan angin di sejumlah wilayah bahkan melebihi 163 kilometer per jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan urusan darurat Prancis telah merespons ratusan panggilan warga sepanjang Minggu, karena angin kencang telah menumbangkan pepohonan dan juga tiang listrik.
 
Dikutip dari BBC, Senin 4 November 2019, sejauh ini tidak ada korban tewas terkait Badai Amelie di Prancis. Namun, menurut laporan media AFP, seorang wanita berusia 70-an tahun dilaporkan hilang usai terjadinya tanah longsor di Nice.
 
AFP menyebut Badai Amelie membuat enam orang mengalami luka ringan, sebagian besar karena terkena ranting dan batang pohon tumbang.
 
Enedis mengatakan 1.700 karyawannya telah dikerahkan untuk memulihkan aliran listrik ke 55 ribu rumah. Sebelumnya, jumlah rumah yang kehilangan aliran listrik sempat mencapai 140 ribu.
 
Selain Nouvelle Aquitane, wilayah yang terkena pemadaman listrik adalah Pays de la Loire, Auvergne dan Occitanie.
 
Hujan deras dan angin kencang yang dibawa Badai Amelie juga terlihat di beberapa wilayah selatan dan timur Prancis.
 
Operator SNCF mengatakan beberapa perjalanan kereta api dibatalkan atau ditunda karena cuaca ekstrem. Sementara dua ruas jalan utama di Prancis juga ditutup karena dirasa belum aman dilewati di tengah terjangan Badai Amelie.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif