Enam orang tewas dalam kecelakaan kereta di Denmark. (Foto: AFP).
Enam orang tewas dalam kecelakaan kereta di Denmark. (Foto: AFP).

Penumpang Gambarkan Kengerian Kecelakaan Kereta Denmark

Internasional kecelakaan kereta denmark
Arpan Rahman • 03 Januari 2019 13:32
Kopenhagen: Sebanyak enam orang tewas dan 16 lainnya terluka dalam kecelakaan kereta api di Jembatan Great Belt di Denmark, Rabu 2 Januari 2019. Seorang penumpang mengungkapkan kengerian dalam kecelakaan itu.

Baca juga: Enam Orang Tewas dalam Kecelakaan KA Denmark.

Pejabat jaringan kereta api mengatakan puing-puing dari kereta barang -- mungkin memuat terpal -- menabrak kereta komuter saat badai besar memaksanya untuk mengerem mendadak. Tim penyelamat bekerja menolong sekitar 100 penumpang yang masih terjebak di dalam kereta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Ada tabrakan keras dan jendela-jendela mulai menabrak kepala kami," seorang penumpang, Heidi Langberg Zumbusch, mengatakan kepada stasiun penyiaran Denmark DR. "Kami terkapar ke lantai, dan kemudian kereta berhenti," cetusnya.

Zumbusch menambahkan, sesama penumpang mengatakan kepadanya bahwa sisi gerbong di depan gerbong mereka telah hancur.

"Kami beruntung. Orang-orang di kereta di gerbong depan kami tidak seberuntung itu," katanya, seperti dikutip dari BBC, Kamis 3 Januari 2019.

Reruntuhan menghantam kereta komuter -- yang berjalan dari Odense ke ibukota Kopenhagen -- sekitar pukul 07:35 waktu setempat.

"Warga Denmark dalam perjalanan ke tempat kerja atau pulang dari liburan Natal telah terenggut nyawa mereka," cuit Perdana Menteri Larske Rasmussen, seraya mengatakan kecelakaan itu telah "mengguncang kita semua".

Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven juga menulis tweet menyebutkan dia telah berbicara dengan Rasmussen setelah "kecelakaan mengerikan".

Gambar dari tempat kejadian menunjukkan kereta barang dengan sisi miring. Layanan darurat dilaporkan berjuang dalam cuaca buruk demi menjangkau kereta penumpang, yang berhenti di jembatan.

Ada 131 penumpang dan tiga anggota awak di kapal pada saat kecelakaan. Sebuah pusat darurat sudah didirikan di ujung barat jembatan di kota Nyborg. Jembatan ditutup untuk mobil dan kereta menuju pulau Funen, tetapi lalu lintas mobil menuju Zealand telah dibuka kembali.

Puluhan ribu kendaraan melintasi jembatan setiap hari, dan badai menyebabkan beberapa kecelakaan di ruas jalan pada Selasa sebelumnya. Ibu kota Denmark Kopenhagen berada di pulau Zealand, sementara kota Odense terletak di Funen di barat.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi