Rumania akan Pindahkan Kedubes Israel ke Yerusalem
Rumania akan pindahkan kantor kedutaan Israel ke Yerusalem. (Foto: Istimewa).
Bukares: Satu lagi negara yang ingin memindahkan kantor kedutaan besar mereka di Israel ke Yerusalem. Rumania akan menjadi negara pertama di Uni Eropa yang memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

"Keputusan telah diambil dan prosedurnya sudah dimulai," kata pemimpin Partai Sosial Demokrat (PSD) yang berkuasa Liviu Dragnea.

Laman AFP, Jumat 20 April 2018 melaporkan pemerintah Perdana Menteri Viorica Dancila telah menyetujui keputusan tersebut pada Rabu lalu. Liviu menuturkan saat ini prosedur pemindahan kedutaan ke Yerusalem sudah dimulai.


Juru bicara pemerintah menolak berkomentar mengenai hal tersebut. Padahal, desas-desus langkah Rumania sudah diketahui sejak Desember lalu.

Rumania mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) untuk memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem. Seruan Presiden AS Donald Trump itu sempat memicu protes dari 128 negara.

AS sendiri juga sudah melakukan persiapan untuk memindahkan kedutaan mereka. Meski demikian, ada prediksi bahwa rencana memindahkan kantor kedubes akan berlangsung paling cepat lima tahun mendatang.



(JMS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360