Petugas forensik bekerja di lokasi aksi teror di Streatham High Road di London, Inggris, Minggu 2 Februari 2020. (Foto: AFP/ISABEL INFANTES)
Petugas forensik bekerja di lokasi aksi teror di Streatham High Road di London, Inggris, Minggu 2 Februari 2020. (Foto: AFP/ISABEL INFANTES)

Polisi Tembak Mati Pelaku Penusukan di London

Internasional inggris
Willy Haryono • 03 Februari 2020 09:38
London: Polisi menembak mati seorang pria yang menusuk dua orang di London, Inggris, Minggu 2 Februari 2020. Pelaku diketahui beraksi sembari memakai jaket bom bunuh diri, yang setelah diperiksa ternyata tidak dilengkapi bahan peledak apapun.
 
Pelaku dinyatakan tewas di lokasi kejadian, tepatnya di ruas jalan Streatham High Road yang ramai dilewati orang-orang di London bagian selatan.
 
Dua orang terluka parah usai ditusuk pelaku. Salah satu dari mereka, yakni seorang pria, dikabarkan mengalami kondisi yang "membahayakan jiwa." Terdapat pula korban ketiga, meski ia hanya terluka terkena serpihan kaca dalam baku tembak antara polisi dan pelaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Insiden ini langsung dinyatakan sebagai sebuah serangan teroris," ujar jajaran Kepolisian Metropolitan Inggris (Met), dikutip dari laman AFP. Ketiga korban telah dilarikan ke rumah sakit.
 
Saksi mata mengaku melihat seorang pria "bersenjatakan golok dengan beberapa tabung menempel di dada" yang melarikan diri dari kejaran polisi. Petugas menemukan tabung yang dimaksud di dada pelaku.
 
"Petugas dengan cepat menyatakan bahwa alat (peledak) tersebut palsu," sebut Met.
 
Pelaku diidentifikasi polisi sebagaiSudesh Amman, pria berusia 20 tahun. Ia baru saja keluar dari penjara pekan kemarin usai menyelesaikan separuh masa tahanannya atas dakwaan aksi terorisme.
 
Perdana Menteri Boris Johnson mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang merespons cepat aksi penusukan tersebut.
 
"Saya turut bersimpati kepada korban luka dan siapapun yang terkena dampak peristiwa tersebut," ujar PM Johnson,
 
Wali Kota London Sadiq Khan menambahkan: "Para teroris berusaha memecah-belah dan menghancurkan kehidupan kita. Warga London tidak akan membiarkan mereka berbuat seenaknya."
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif