Jerman Puji Program Deradikalisasi di Indonesia
Rombongan BNPT dalam kunjungan resmi ke Jerman. (Foto: Dok. KBRI Berlin)
Berlin: Untuk semakin meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jerman di bidang counter-terrorism dan capacity building bagi aparat penegak hukum, baru-baru ini Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Suhardi Alius melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Jerman.

Selama berada di Jerman, Komjen Pol Suhardi mengadakan pertemuan dan pembicaraan dengan beberapa pejabat dari instansi dan kementerian Jerman terkait, seperti Wakil Kepala Kantor Kriminal Jerman (Bundeskriminalamt), Wakil Presiden Kantor Federal untuk Perlindungan Konstitusi (Bundesamt für Verfassungsschutz), Kepala Divisi Terorisme Badan Intelijen Jerman (Bundesnachrichtendienst), Dirjen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Jerman dan Pejabat Divisi Keamanan Publi, Terorisme Internasional dan Ekstremisme serta Program Deradikalisasi Kementerian Dalam Negeri Jerman.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BNPT menyampaikan keberhasilan Indonesia dalam melaksanakan program deradikalisasi dan kontra terorisme, yang akhirnya dijadikan contoh bagi negara-negara lain untuk diterapkan di negaranya. 


Dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id, Minggu 14 Oktober 2018, pemerintah Jerman saat ini menganggap Indonesia sebagai salah satu negara yang berhasil dalam mengatasi permasalahan terorisme, termasuk program deradikalisasi melalui pendekatan lunak yang integratif melibatkan kementerian, beberapa lembaga dan juga masyarakat.

Mantan Sestama Lemhanas ini juga menambahkan bahwa di Indonesia, radikal terorisme berkolerasi dengan aspek pemikiran agama yang menyimpang, aspek ekonomi, pendidikan, kesejahteraan dan ketidakadilan. Sementara Pemerintah Jerman masih menganggap masalah ketentuan hukum dan pendekatan antar lembaga di Jerman menjadi salah satu perbedaan, sehingga penanganan masalah terorisme berbeda dengan Indonesia.

Selanjutnya Kepala BNPT juga menyampaikan berbagai program yang telah diimplementasikan di lapangan dan diakui efektivitasnya, antara lain mengangkat 124 orang mantan teroris menjadi duta perdamaian untuk menyampaikan pesan-pesan perdamaian kepada kelompok ekstrem dengan pola dan gaya bahasa yang menyesuaikan kriteria usia dan kelompok masyarakat.

Kerja sama bilateral Indonesia-Jerman di bidang kepolisian, khususnya dalam hal penanggulangan masalah ekstremisme, radikalisme dan deradikalisasi telah terjalin sejak lama, di antaranya melalui program beasiswa pelatihan kepada para perwira Polri, yang mana saat ini para alumni pelatihan tersebut telah menjabat di tataran pimpinan tinggi Polri.

Kunjungan kerja Kepala BNPT ke Jerman ini dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan Kedutaan Besar Indonesia di Jerman, di mana Jerman saat ini merupakan mitra komprehensif Indonesia.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id