Presiden AS Donald Trump berdiri di depan Warsaw Uprising Monument di Warsawa, Polandia, 6 Juli 2017. (Foto: AFP/SAUL LOEB)
Presiden AS Donald Trump berdiri di depan Warsaw Uprising Monument di Warsawa, Polandia, 6 Juli 2017. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Trump Tegaskan Hubungan AS dengan Eropa Selalu Kuat

Internasional nato pemerintahan as
Willy Haryono • 06 Juli 2017 19:48
medcom.id, Warsawa: Presiden Donald Trump bersikukuh hubungan antara Amerika Serikat dengan Eropa selalu kuat sejak awal hingga saat ini.
 
Pernyataan disampaikan dalam sebuah pertemuan di Warsawa, Polandia, Kamis 6 Juli 2017.
 
Seolah mengabaikan serangkaian ketegangan antar AS dengan Eropa sejak Trump menjadi presiden pada Januari, orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu mengklaim aliansi masih tetap sehat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ikatan transatlantik antara AS dan Eropa selalu kuat seperti biasa, dan mungkin saja sebenarnya lebih kuat," tutur Trump, seperti dilansir AFP.
 
Tidak hanya itu, Trump juga menegaskan kembali dukungan AS terhadap Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. Ia ingin meyakinkan NATO bahwa Washington masih tetap berkomitmen terhadap kesepakatan bersama.
 
"AS telah mendemonstrasikan tidak hanya dengan kata-kata, tapi juga dengan aksi nyata, bahwa kami berdiri kuat di belakang Article Five," ungkap Trump, merujuk pada komitmen pertahanan NATO.
 
Namun Trump mengatakan aliran dana untuk pertahanan NATO harus lebih banyak berasal dari negara-negara Eropa.
 
"Itu demi perlindungan negara sendiri, dan Anda juga pasti tahu hal itu. Semua pasti tahu. Eropa harus berbuat lebih banyak," sebut Trump.
 
Dalam pertemuan di Warsawa, Trump juga menyinggung mengenai masalah Korea Utara. Ia menyerukan komunitas global untuk bersama-sama menghadapi Korut yang telah berperilaku "sangat, sangat buruk."
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif