Rupa Notre Dame usai kebakaran. (Foto: AFP)
Rupa Notre Dame usai kebakaran. (Foto: AFP)

Uni Eropa Minta Negara Anggota Bantu Notre Dame

Internasional uni eropa Kebakaran Notre Dame
Sonya Michaella • 16 April 2019 17:12
Paris: Kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame menyisakan duka, termasuk negara-negara anggota Uni Eropa. Tawaran bantuan pun langsung dinyatakan oleh Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.
 
"Saya meminta negara anggota Uni Eropa untuk berkumpul demi membantu renovasi Katedral Notre Dame," kata Tusk, dikutip dari AFP, Selasa 16 April 2019.
 
"Dari Strasbourg, saya meminta semua 28 negara anggota untuk mengambil bagian dalam tugas ini," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Api melalap Notre Dame pada Senin 15 April 2019 malam waktu setempat. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kebakaran. Beruntungnya, sejumlah benda bersejarah berhasil diselamatkan.
 
Katedral Katolik abad pertengahan ini merupakan salah bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Nama Notre Dame makin terkenal setelah masuk dalam novel karya Victor Hugo, ‘The Hunchback of Notre Dame'.
 
Katedral Notre Dame juga telah menjadi simbol identitas umat Katolik di Prancis selama lebih dari 850 tahun. Peletakkan batu pertama dilakukan pada 1163 oleh Paus Alexander III dan gereja ini selesai dibangun pada abad ke-13.
 
Puncak menara yang runtuh karena dilalap api dibangun pada abad ke-19. Terletak di Ile de la Cite di pusat kota Paris, Notre Dame juga menjadi destinasi wisata turis mancanegara, dengan 14 juta pengunjung setiap tahunnya.
 
Katedral Notre Dame juga sempat dijadikan lokasi upacara pemakaman Charles de Gaulle, seorang tokoh yang memimpin resistensi Prancis selama perang.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif