Habibi Syaaf (kedua dari kiri), polisi Inggris keturunan Indonesia dijadikan pahlawan. (Foto: Sky News).
Habibi Syaaf (kedua dari kiri), polisi Inggris keturunan Indonesia dijadikan pahlawan. (Foto: Sky News).

Polisi Keturunan Indonesia Jadi 'Pahlawan' di Inggris

Internasional inggris
Marcheilla Ariesta • 12 Januari 2020 13:44
London: Petugas Kepolisian Metropolitan London, Habibi Syaaf, disebut-sebut sebagai 'pahlawan' karena menyelamatkan pria yang jatuh ke Sungai Thames. Warga Negara Inggris asal Indonesia ini tengah bertugas ketika menyelamatkan pria tersebut.
 
Syaaf bersama dengan rekannya Ron Dowson tengah berjaga malam ketika operator CCTV melihat seorang pria jatuh ke sungai di Victoria Tower Gardens.
 
Pria tersebut ditemukan berpegangan di tangga yang mengarah ke sungai sebelum diselamatkan kedua polisi ini yang kemudian merawat sampai paramedis tiba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syaaf mengatakan ketika mereka mencapai pria tersebut, dia sudah tenggelam dan tengah berjuang untuk bernapas.
 
"Saya turun ke tangga terakhir dan mendesaknya untuk menggapai tangan saya," kata Syaaf, dilansir dari Sky News, Minggu 12 Januari 2020.
 
"Dia sempat kehilangan cengkramannya, dan ketika saya kembali berteriak, 'pegang tanganku', saya berhasil menariknya kembali ke tangga pertama," imbuh dia.
 
Ayah dua anak itu menambahkan rekannya memakaikan pelampung ke atas pria tersebut. "Kami menyeretnya ke taman, kolega saya melepas pakaiannya yang basah dan membungkusnya dengan selimut," terang Syaaf.
 
Dia mengatakan pria tersebut gemetaran dan tidak bisa berbicara karena kedinginan. Namun, Syaaf bersyukur pria itu selamat.
 
"Saya bukan pahlawan. Saya dan Ron hanya dilatih dan melakukan apa yang bisa kita buat untuk membantu," serunya.
 
Menteri Dalam Negeri Priti Patel dan Ketua Parlemen baru Sir Lindsay Hoyle memuji keberanian kedua petugas kepolisian tersebut.
 
"Kepahlawanan mereka adalah contoh sempurna polisi yang bekerja bersama untuk menjaga masyarakat tetap aman. Dalam hal ini tidak ada yang ragu-ragu, berlari menuju air yang membeku untuk menyelamatkan pria yang dalam bahaya. Saya bangga menyebut mereka berdua rekan saya di Parlemen," tutur Patel.
 
Sementara itu, Sir Lindsay mengatakan sangat beruntung memiliki petugas kepolisian yang berani.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif