Salju yang memenuhi Prancis menimbulkan bencana. Foto: AFP
Salju yang memenuhi Prancis menimbulkan bencana. Foto: AFP

Salju Tebal Picu Bencana di Prancis, Satu Warga Tewas

Internasional cuaca ekstrem prancis
Fajar Nugraha • 15 November 2019 18:12
Paris: Hujan salju lebat di tenggara Prancis telah menewaskan satu orang. Cuaca buruk memutus aliran listrik ke sekitar 300.000 rumah, dengan kondisi es yang menghambat kereta dan lalu lintas jalan.
 
Seorang lelaki berusia 63 tahun tewas Kamis malam di Isere setelah pohon yang sarat salju menimpa dirinya. Saat itu korban sedang berusaha membersihkan pohon lain yang tumbang, kata pejabat setempat.
 
Operator jaringan Enedis mengatakan 300.000 rumah tanpa listrik pada hari Jumat, terutama di Drome, Ardeche, Isere dan Rhone, yang meliputi kota-kota Lyon dan Grenoble.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah situasi yang luar biasa karena salju sangat terkonsentrasi di satu daerah, itulah sebabnya kami mengalami kerusakan signifikan pada saluran listrik kami," kata juru bicara Enedis, Robin Devogelaere, seperti dikutip AFP, Jumat, 15 November 2019.
 
"Kami telah merobohkan pohon-pohon, dan cabang-cabang terbebani dengan salju telah membeku dan menyebabkan korsleting," katanya, seraya menambahkan bahwa jalan berbahaya membuat tim sulit mencapai dan memperbaiki kabel.
 
Hingga 30 sentimeter salju jatuh di ketinggian yang lebih tinggi di dekat Pegunungan Alpen dalam waktu kurang dari 24 jam. Salju setebal 15 sentimeter dilaporkan menutupi di bandara Lyon.
 
Badan cuaca Meteorologi Prancis telah mencabut peringatan perjalanan untuk sebagian besar wilayah itu pada Jumat. Meskipun tetap memberi peringatan untuk salju dan es hitam di departemen Saone-et-Loire.
 
Operator kereta SNCF mengatakan pohon-pohon dan cabang-cabang yang jatuh di rel telah memaksa penghentian layanan di tiga jalur utama dekat Lyon dan Grenoble hingga setidaknya Jumat sore.
 
Beberapa kereta harus dievakuasi semalaman, dengan penumpang dipindahkan ke jalur lain atau ditempatkan di hotel.
 
Pihak berwenang telah menghentikan lalu lintas truk Kamis untuk menghindari tabrakan di rute yang banyak digunakan, meskipun pembatasan itu diharapkan akan dicabut Jumat nanti.
 
Namun layanan bus sekolah tetap terputus di beberapa daerah.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif