NEWSTICKER
Pangkalan udara di Germersheim, Jerman, dijadikan situs karantina virus korona Covid-19 sejak 1 Februari 2020. (Foto: AFP/dpa/ANDREAS ARNOLD)
Pangkalan udara di Germersheim, Jerman, dijadikan situs karantina virus korona Covid-19 sejak 1 Februari 2020. (Foto: AFP/dpa/ANDREAS ARNOLD)

100 Warga Jerman Selesai Jalani Karantina Korona

Internasional Virus Korona
Willy Haryono • 17 Februari 2020 08:03
Frankfurt: Lebih dari 100 warga Jerman selesai menjalani masa karantina virus korona Covid-19 di sebuah pangkalan militer di dekat bandara Frankfurt, Minggu 16 Februari 2020. Karantina berakhir sejak mereka semua dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok dua pekan lalu.
 
Wuhan merupakan ibu kota provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus korona Covid-19.
 
"Semua orang sudah diizinkan meninggalkan zona karantina dan bertemu keluarga masing-masing," ucap Sekretaris Negara untuk Urusan Kesehatan Thomas Gebhart dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir dari AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menggunakan pesawat sewaan, lebih dari 100 warga Jerman tiba di Frankfurt bersama sekitar 20 warga asing pada 1 Februari. Jadwal ketibaan mereka meleset dari jadwal semula karena Rusia menolak pesawat itu untuk mendarat dan mengisi bahan bakar.
 
Kementerian Kesehatan Jerman mengatakan dari 100 warga, ada beberapa yang sempat dirawat di rumah sakit. Namun saat ini, mereka semua telah dinyatakan sehat dan dibolehkan pulang.
 
Karantina selama 14 hari, sesuai panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dilakukan di sebuah pangkalan angkatan udara Jerman di Germersheim, berlokasi sekitar 120 kilometer dari Frankfurt.
 
"Langkah (karantina) ini tidaklah mudah bagi mereka, tapi memang diperlukan," ujar Gebhart.
 
Jerman adalah negara dengan total infeksi virus korona Covid-19 terbanyak di benua Eropa. Sejauh ini, total kasusnya mencapai 16 tanpa ada kematian. Satu-satunya kematian akibat virus korona Covid-19 di Eropa adalah seorang turis Tiongkok di Prancis.
 
Sementara itu berdasarkan data terbaru Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, angka kematian akibat virus korona di Tiongkok pada Senin 17 Februari 2020 mencapai 1.765 orang, dengan total infeksi 70.400.
 
Sementara kematian di luar daratan Tiongkok mencapai empat, yakni di Hong Kong, Filipina, Jepang dan Prancis. Untuk pasien sembuh, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mencatat angkanya telah melampaui 9.000.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif