Presiden AS Donald Trump terancam dimakzulkan. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump terancam dimakzulkan. Foto: AFP

Menlu Ukraina Bantah Kaitan Biden dengan Pemakzulan Trump

Internasional Pemakzulan Trump
Medcom • 15 November 2019 15:55
Kiev: Menteri Luar Negeri Ukraina, Vadym Prystaiko, mengatakan kepada utusan Amerika Serikat (AS), Gordon Sondland, tidak memberitahu bahwa bantuan untuk Kiev bergantung pada pembukaan penyelidikan terhadap saingan potensial Donald Trump pada 2020, Joe Biden.
 
Partai Demokrat menuduh Trump dan sekutunya membekukan dana sekitar USD400 juta atau setara Rp5,6 Miliar untuk bantuan militer ke Ukraina guna meminta Presiden Volodymyr Zelensky untuk menyelidiki mantan wakil presiden Biden dan putranya.
 
Trump menolak berbagai tuduhan yang mengarah pada pembukaan penyelidikan pemakzulan ke dalam kepresidenannya sebagai ‘perburuan penyihir’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sondland, Duta Besar AS yang ditunjuk Trump untuk Uni Eropa memberikan kesaksian penting untuk penyelidikan pemakzulan bahwa ia memberi tahu seorang petinggi Ukraina untuk bantuan militer AS bergantung pada Kiev yang menyelidiki Biden.
 
"Duta Besar Sondland tidak memberi tahu kami, dan tentu saja tidak memberi tahu saya, tentang keterkaitan antara bantuan dan penyelidikan," ujar Prystaiko kepada wartawan di Kiev, dinukil dari AFP, Jumat, 15 November 2019.
 
Sondland mengatakan, kepada petinggi Ukraina di Washington pada 10 Juli bahwa pertemuan puncak antara Zelensky dan Trump bergantung pada penyelidikan yang diinginkan terhadap Biden dan putranya, Hunter Biden, yang bertugas di dewan perusahaan gas Ukraina, Burisma, sebagai saksi mata dalam penyelidikan.
 
Pada Rabu, William Taylor, diplomat top AS di Ukraina, selama audiensi yang disiarkan televisi di Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dipimpin Partai Demokrat mengatakan dia telah mengetahui panggilan telepon antara Trump dan Sondland, yang didengar oleh salah seorang anggota staf Taylor.
 
Seorang staf mengatakan Trump tertarik untuk mendapatkan Kiev untuk menyelidiki Biden dan putranya. Dia juga menegaskan kembali pemahaman bahwa bantuan AS ke Kiev akan ditangguhkan sampai meluncurkan penyelidikan.
 
"Saya belum pernah melihat hubungan langsung antara penyelidikan dan bantuan di bidang keamanan," ucap Prystaiko pada kantor pers Interfax-Ukraina.
 
"Ya, penyelidikan menyimpulkan, sementara, dalam percakapan antara presiden bahwa tidak ada hubungan yang jelas antara peristiwa-peristiwa ini,” pungkas dia.
 

 

Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif