Jelang Demo, KBRI Paris Imbau WNI Waspada
Polisi berjaga-jaga untuk menghadapi protes dari Rompi Kuning. (Foto: AFP)
Jakarta: Menjelang demo Rompi Kuning di Prancis, KBRI Paris mengimbau para Warga Negara Indonesia (WNI), terutama yang tinggal di Paris, untuk berhati-hati dan waspada.

"Menyusul demo gerakan Rompi Kuning sejak tiga pekan lalu, WNI yang tinggal maupun berkunjung ke Paris untuk berhati-hati. Hindari area massa demo," sebut pernyataan dari KBRI Paris di akun Twitter @KBRI_Paris, Sabtu 8 Desember 2018.

Akibat demo ini, beberapa stasiun kereta RER/Metro akan ditutup, di antaranya di dekat Champs Elysees, Concorde, Trocadero, Eiffel, Bastille, dan Opera.


"Bagi WNI pengunjung, perhatikan akses ke bandara yang mungkin akan terganggu," lanjut pernyataan tersebut.

WNI yang tinggal dan sedang berkunjung ke Prancis juga bisa menghubungi KBRI Paris melalui telepon +01 4503 0760 dan bisa mengunjungi KBRI yang berlokasi di 47 Rue Cortambert 75116.

Pemerintah Prancis juga memutuskan untuk menutup sejumlah tempat wisata seperti Menara Eiffel, Museum Louvre, sejumlah gedung opera dan Kompleks Grand Palais. 

Selain itu, polisi juga meminta toko-toko dan restoran untuk tutup pada Sabtu besok, khususnya yang berlokasi di Paris Champs-Elysees. Serangkaian pertandingan sepak bola juga terpaksa ditunda. 

Meski pemerintah telah memutuskan tidak menaikkan harga BBM, kemarahan para pengunjuk rasa tetap tidak bisa dibendung. Gerakan Rompi Kuning ini mengeluarkan lebih dari 40 tuntutan kepada pemerintah.

Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengumumkan penundaan rencana penaikan pajak BBM dan tarif dasar listrik dalam sebuah pidato di televisi, Selasa 4 Desember 2018. Penundaan dilakukan demi meredam demonstrasi yang diwarnai bentrok dan vandalisme di banyak kota di Prancis, terutama Paris.

Harga diesel, jenis BBM yang banyak digunakan di mobil-mobil Prancis, meningkat sekitar 23 persen dalam 12 bulan terakhir menjadi 1,51 euro atau setara Rp25 ribu per liter. AFP melaporkan itu merupakan titik tertinggi sejak awal 2000-an.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id