Puluhan ribu orang berunjuk rasa menentang perubahan nama Makedonia di Athena, Yunani, 20 Januari 2019. (Foto: AFP/LOUISA GOULIAMAKI)
Puluhan ribu orang berunjuk rasa menentang perubahan nama Makedonia di Athena, Yunani, 20 Januari 2019. (Foto: AFP/LOUISA GOULIAMAKI)

60 Ribu Warga Yunani Protes Perubahan Nama Makedonia

Internasional yunani Makedonia
Arpan Rahman • 21 Januari 2019 15:56
Athena: Puluhan ribu orang berunjuk rasa di Athena, Yunani, Minggu 20 Januari, dalam memprotes perubahan nama negara Makedonia. Perubahan nama itu disepakati pemerintah Yunani dengan Makedonia.
 
Sejumlah pengunjuk rasa menyerang polisi antihuru-hara dengan batu, bom molotov dan cat. Sementara aparat merespons dengan menembakkan gas air mata.
 
Diestimasi unjuk rasa di ibu kota Yunani ini diikuti 60 ribu pedemo. Sepuluh polisi terluka dalam aksi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa demonstran nekat melompati barikade dan berusaha menaiki tangga gedung parlemen Yunani. Seorang pria yang membalut dirinya dengan bendera Yunani menyerang polisi dengan menggunakan tongkat besar.
 
Terdapat pula sekelompok orang yang memukuli petugas keamanan dengan tiang kayu berbendera Yunani.
 
Perdana Menteri Alexis Tsipras menilai bentrokan ini dipicu ulah "elemen ekstremis dan anggota Golden Dawn," nama dari sebuah partai sayap kanan di Yunani.
 
"Dalam demokrasi kita, kebebasan berekspresi warga adalah hak yang tidak terbantahkan, bahkan bagi mereka yang ingin menghapus demokrasi," ungkap pernyataan dari kantor PM Tsipras.
 
"Tapi juga merupakan tugas dan kewajiba kita untuk tidak membiarkan mereka (ekstremis). Mari isolasi dan kecam mereka," lanjutnya, seperti dikutip dari kantor berita Independent, Senin 21 Januari 2019.
 
Makedonia dan Yunani menyepakati perjanjian pada Juni tahun lalu dalam mengakhiri perseteruan mengenai nama "Makedonia." Makedonia akan diubah menjadi Makedonia Utara, tapi sejumlah demonstran menilai nama tersebut tetap terkesan sebagai bentuk perampasan terhadap warisan Yunani kuno.
 
Sementara itu di wilayah utara Yunani, sejumlah petani memblokade jalan raya menuju perbatasan Makedonia sebagai bentuk solidaritas terhadap aksi di ibu kota. Blokade tersebut akhirnya dibuka selang beberapa waktu.
 
Baca:Parlemen Makedonia Sepakat Ganti Nama Negara
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif