Paus Fransiskus. (Foto: AFP)
Paus Fransiskus. (Foto: AFP)

Paus Fransiskus Serukan Kehidupan Sederhana

Internasional paus fransiskus hari raya natal misa natal
Willy Haryono • 25 Desember 2018 08:17
Vatikan: Paus Fransiskus menyerukan kepada masyarakat dunia, terutama maju dan berkembang, untuk menjalani kehidupan sederhana dengan mengurangi sisi materialistik. Dia juga mengecam besarnya jurang perbedaan antara orang kaya dan miskin di level global.
 
Ucapan disampaikan Paus Fransiskus saat memimpin misa malam Natal di Basilika Santo Petrus di Vatikan pada Senin malam. Ini merupakan Natal keenam bagi Fransiskus sebagai pemimpin tertinggi Geraja Katolik Roma.
 
"Lahirnya Yesus Kristus menunjukkan jalan untuk menjalani kehidupan "bukan dengan mengonsumsi dan mengumpulkan, tapi berbagi dan memberi," ujar Fransiskus, seperti dilansir dari kantor berita BBC, Selasa 25 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fransiskus kemudian melanjutkan misa dengan mengutarakan pandangannya mengenai materialistik. "Mari kita bertanya kepada diri sendiri: Apakah saya benar-benar membutuhkan semua materi ini? Apakah saya dapat bertahan tanpa semua benda-benda ini dan hidup secara sederhana?"
 
"Bagi banyak orang, arti kehidupan didapat dengan memilik sesuatu. Memiliki objek-objek material secara berlebih. Ketamakan tercatat dalam seluruh sejarah umat manusia, bahkan hingga hari ini. Contohnya, ada segelintir orang yang makan enak di tempat-tempat mewah, sementara masih banyak individu lain yang tidak bisa mendapatkan makanan untuk sekadar bertahan hidup."
 
Di hari Natal, Fransiskus dijadwalkan menyampaikan "Urbi et Orbi" atau pesan kepada kota dan dunia. Pesan akan disampaikan dari balkon Santo Petrus.
 
Fransiskus, Paus pertama dari Amerika Latin, telah menekankan nasib masyarakat miskin sebagai tema utama saat menjadi kepala Geraja Katolik Roma. Dalam Misa Natal 2016, Fransiskus mengingatkan bahwa semangat Natal kini seolah "tenggelam" oleh materialisme.
 
Pendahulu Fransiskus, Benediktus, telah menyampaikan poin serupa dalam Misa Natal 2011.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif