Bendera Britania Raya dan Uni Eropa. (Foto: AFP)
Bendera Britania Raya dan Uni Eropa. (Foto: AFP)

Perpanjangan Tenggat Waktu Brexit Diputuskan Hari Ini

Internasional uni eropa brexit
Willy Haryono • 25 Oktober 2019 06:00
Brussels: Para petinggi Uni Eropa hari ini, Jumat 25 Oktober 2019, akan memutuskan apakah akan memberikan Inggris perpanjangan tenggat waktu terkait Brexit. Perpanjangan disebut-sebut akan diberikan selama tiga bulan hingga Januari tahun depan.
 
Menurut keterangan Katya Adler dari BBC, sebagian besar anggota UE mendukung perpanjangan tenggat waktu, namun Prancis cenderung enggan memberikannya.
 
Masih dari BBC, para petinggi UE diyakini akan menggelar sebuah pertemuan darurat di Brussels pada Senin mendatang untuk membicarakan langsung mengenai perpanjangan tenggat waktu Brexit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Perdana Menteri Boris Johnson masih berkukuh Inggris akan meninggalkan UE pekan depan, baik dengan maupun tanpa perjanjian. Ia menegaskan akan menyerukan pemilihan umum dini jika UE pada akhirnya memperpanjang tenggat waktu Brexit.
 
PM Johnson telah 'dipaksa' untuk mengirimkan surat berisi permohonan perpanjangan tenggat waktu Brexit kepada UE. Ia harus mengirim surat itu karena diatur dalam undang-undang yang diloloskan parlemen Inggris bulan lalu.
 
Namun PM Johnson tidak menandatangani surat itu walau dikirim ke UE, dan menegaskan kebijakannya adalah tetap keluar dari keanggotaan blok Eropa pada 31 Oktober.
 
Presiden Prancis Emmanuel Macron khawatir perpanjangan tenggat waktu hanya akan membuat Inggris semakin tidak dapat menentukan sikap mengenai Brexit. Namun jika UE pada akhirnya memperpanjang tenggat waktu Brexit, maka PM Johnson harus menerimanya di bawah aturan parlemen bernama Benn Act.
 
Rabu kemarin, PM Johnson sempat berkata bahwa dirinya akan merayu para petinggi UE agar tidak memperpanjang tenggat waktu Brexit.
 
Brexit, atau Britain Exit, adalah istilah untuk keluarnya Inggris dari keanggotaan UE. Isu ini bergulir usai digelarnya referendum Brexit pada 2016.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif