Warga menyaksikan dengan pilu saat api melalap Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, Senin 15 April 2019. (Foto: AFP).
Warga menyaksikan dengan pilu saat api melalap Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, Senin 15 April 2019. (Foto: AFP).

Katedral Notre Dame akan Dibangun Kembali

Internasional Kebakaran Notre Dame
Fajar Nugraha • 16 April 2019 05:57
Paris: Api yang melalap Katedral Notre Dame di Paris, Prancis pada Senin 15 April 2019, menghancurkan atap dan menyebabkan menara runtuh. Namun struktur utama dari bangunan berhasil diselamatkan.
 
Baca juga: Api Melalap Katedral Notre Dame di Paris.
 
Sekitar 400 petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakan api yang menyebar ke bangunan abad ke-12 itu. Harapan untuk membangun kembali katedral pun mencuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita akan membangun kembali Notre Dame kita,” tegas Presiden Prancis Emmanuel Macron, seperti dikutip AFP, Selasa, 16 April 2019.
 
“Yang terburuk telah dihindari berkat kerja para petugas pemadam kebakaran. Talenta terbaik akan dikerahkan untuk membangun kembali Notre Dame,” jelasnya.
 
Kepastian selamatnya struktur utama dari katedral disampaikan oleh Kepala Pemadam kebakaran Paris Jean-Claude Gallet. Kita tugas utama adalah mendinginkan suhu di dalam katedral, sebuah prosedur yang akan memakan waktu beberapa jam. Setelah bangunan aman untuk masuk, penyelidikan dapat dimulai.
 
“Api telah menurun intensitasnya, namun masih dilakukan tindakan hati-hati,” tutur Wakil Menteri Dalam Negeri Laurent Nunez.
 
Katedral Notre Dame dikenal dipenuhi benda seni berharga. Wakil Wali Kota Paris Emmanuel Gregoire mengatakan bahwa petugas pemadam kebakaran telah memasuki katedral dan telah membawa beberapa karya seni yang tak ternilai harganya.
 
Tetapi mereka terpaksa menarik diri dari nyala api yang menyebar dengan cepat melalui balok kayu. Ratusan orang berkumpul di tepi Sungai Seine menyaksikan peristiwa ini. Mereka menangis dan berdoa agar api dari katedral bisa padam.
 
Katederal Katolik abad pertengahan ini merupakan salah bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Nama Notre Dame makin terkenal setelah masuk dalam novel karya Victor Hugo, ‘The Hunchbak of Notre Dame'.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif