Si Cepot dan Dawala menghibur penonton di Wisma Nusantara London. (Foto: KBRI London).
Si Cepot dan Dawala menghibur penonton di Wisma Nusantara London. (Foto: KBRI London).

Kesenian Sunda Pukau Warga Inggris

Internasional kesenian sunda
Marcheilla Ariesta • 19 Juni 2018 15:07
London: Kesenian Sunda ditampilkan di acara silaturahmi Idul Fitri 1439 H di Wisma Nusantara London, Inggris. Warga Inggris terpukau melihat atraksi musik dan tarian khas Jawa Barat tersebut.
 
Seniman Sunda Iman Jimbot bersama tim dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, menampilkan musik khas Sunda. Berbagai alat memainkan aransemen musik, di antaranya kecapi dan suling.
 
Para penari melenggak lenggok mengikuti alunan nada dari alat musik yang dimainkan. Beberapa lagu Islami, daerah dan populer dimainkan dengan instrumen khas Sunda tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar RI di London, Selasa 19 Juni 2018, sebanyak 1.600 orang hadir dan menikmati pertunjukkan tersebut. Namun, tak hanya Jimbot, beberapa seniman Jawa Barat, seperti Lili Suparli dan Rudi Mukhram juga menampilkan kebolehan mereka.
 
Kedua seniman ini membuka pertunjukkan dengan sajian wayang golek. Si Cepot dan Dawala menjadi tokoh utama keduanya, berhasil mengocok perut para hadirin.
 
"Kecapi, suling, kendang, wayang golek, jaipong dan Cianjuran merupakan representasi keunikan dan keunggulan Jawa Barat dan itu semua hadir di acara ini," ucap Duta Besar RI di London Rizal Sukma.
 
Dia mengatakan menikmati pertunjukkan tadi membawanya bernostalgia saat tinggal di Bandung. Sementara itu, beberapa tamu KBRI London mengatakan Indonesia memiliki berbagai seni yang indah.
 
"Kami tidak pernah mengira bahwa orang Indonesia, orang Sunda memiliki jenis seni musik, tari, dan drama yang sangat menarik ini. Kami tidak pernah tahu hal itu. Kami sangat menikmati keindahannya," ucap Gary Griffiths dan Paul Smith yang akan bermitra dengan KBRI di bidang pendidikan dan budaya.
 
Tak hanya pertunjukkan seni dan budaya, dalam acara tersebut disajikan juga makanan khas Lebaran di Indonesia, seperti ketupat sayur, opor ayam, rendang, kerupuk dan es campur.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif