Presiden Prancis Emmanuel Macron hadir dalam sebuah seremoni di Istana Elysee, Paris, 18 November 2019. (Foto: AFP/POOL/GONZALO FUENTES)
Presiden Prancis Emmanuel Macron hadir dalam sebuah seremoni di Istana Elysee, Paris, 18 November 2019. (Foto: AFP/POOL/GONZALO FUENTES)

Turki Tuduh Presiden Prancis Dukung Terorisme Suriah

Internasional konflik suriah
Marcheilla Ariesta • 29 November 2019 07:52
Ankara: Turki menuduh Presiden Prancis Emmanuel Macron ada di balik berbagai aksi terorisme di Suriah. Tuduhan ini merupakan reaksi atas kritik Macron terhadap operasi Ankara di Suriah.
 
"Bagaimanapun, dia (Macron) mensponsori organisasi teroris. Dia menerimanya secara teratur di Elysee (istana kepresidenan)," ucap Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, dikutip dari Anadolu, Jumat 29 November 2019.
 
Sejak bulan lalu Turki melancarkan serangan terhadap pasukan pimpinan Kurdi di Suriah. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menargetkan militan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dan kelompok Islamic State (ISIS) sebagai teroris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah ini memicu kecaman bagi Ankara. Macron, yang telah berulang kali mengkritik serangan Turki mengatakan bahwa Ankara mengancam sekutu-sekutunya dan membahayakan tindakan koalisi anti-ISIS. Komentar Macron ini memicu reaksi tajam dari Ankara.
 
"Jangan sampai Macron lupa. Turki juga anggota NATO, yang sebagian besar sekutunya," imbuh Cavusoglu.
 
Ankara memandang YPG sebagai cabang dari Kurdi PKK, yang telah dicap sebagai pemberontak di Turki selama 35 tahun terakhir. Kelompok ini dimasukkan dalam daftar hitam sebagai kelompok teror oleh Ankara dan sekutu Baratnya.

 
(WHS)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif