Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk mengundurkan diri. (Foto: AFP).
Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk mengundurkan diri. (Foto: AFP).

Rekaman Suara Kritik Presiden Penyebab PM Ukraina Mundur

Internasional ukraina
Marcheilla Ariesta • 17 Januari 2020 16:05
Kiev: Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Honcharuk menyatakan akan mengundurkan diri. Pernyataan ini diungkapkan hanya beberapa hari setelah rekaman suaranya mengkritik presiden bocor ke publik.
 
Dalam rekaman tersebut, Honcharuk mengkritik pemahaman Presiden Volodymyr Zelensky terhadap ekonomi.
 
Di akun Facebook-nya, Honcharuk mengatakan dia mengundurkan diri untuk menghilangkan keraguan terhadap sang presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk menghilangkan keraguan tentang rasa hormat dan kepercayaan kita kepada Presiden, saya menulis surat pengunduran diri dan menyerahkannya kepada Presiden," ucapnya.
 
Dilansir dari AFP, Jumat, 17 Januari 2020, dia mengatakan audio tersebut seakan membuat dia tidak menghormati presiden. "Secara artifisial ini (audio) menciptakan kesan bahwa saya dan tim tidak menghormati presiden," tuturnya.
 
Padahal, imbuh dia, dirinya menerima jabatan tersebut untuk menjalankan program presiden.
 
Sementara itu, kantor Zelensky mengaku sudah menerima surat pengunduran diri Honcharuk. Mereka menambahkan, presiden tengah mempertimbangkan surat tersebut.
 
Rekaman yang diduga muncul pekan ini berasal dari pertemuan informal antara Menteri Keuangan Nasional dengan beberapa pejabat senior dari Bank Nasional. Pertemuan tersebut terjadi Desember 2019 lalu.
 
Laporan media setempat mengatakan pertemuan itu membahas perkembangan ekonomi terbaru Ukraina kepada Zelensky. Sang presiden merupakan komedian yang kemudian terpilih karena memenangkan pemilu tahun lalu.
 
Honcharuk dalam audio tersebut mengatakan penjelasan ekonomi kepada presiden harus dilakukan dalam bahasa yang sederhana. "Zelensky memiliki pemahaman ekonomi yang sangat primitif," katanya dalam audio.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif