Pesawat maskapai Ethiopian Airlines. (Foto: AFP)
Pesawat maskapai Ethiopian Airlines. (Foto: AFP)

Semua Korban Kecelakaan Ethiopian Airlines Teridentifikasi

Internasional kecelakaan ethiopian airlines
Willy Haryono • 15 September 2019 15:07
Lyon: Organisasi Kepolisian Kriminal Internasional atau Interpol mengumumkan bahwa pihaknya telah selesai mengidentifikasi semua korban kecelakaan pesawat maskapai Ethiopian Airlines, yang menewaskan 157 orang pada Maret lalu.
 
"Tim Respons Insiden Interpol (IRT) telah menyelesaikan tugasnya dalam membantu investigasi kecelakaan Ethiopian Airlines," ungkap pernyataan resmi Interpol, dikutip dari Xinhua, Minggu 15 September 2019.
 
Pesawat Ethiopian Airlines jenis Boeing 737 Max 8 jatuh tak lama usai lepas landas dari bandara di Addis Ababa pada 10 Maret. Total 157 penumpang dan kru pesawat dari 35 negara tewas dalam kecelakaan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Interpol, yang membantu mengidentifikasi semua korban, mengirim tim IRT ke Ethiopia dua hari usai kejadian.
 
Kecelakaan di Addis Ababa adalah kali kedua yang melibatkan pesawat model Max 8 dalam lima bulan terakhir. Pada Oktober 2018, pesawat maskapai Lion Air bermodel sama jatuh di perairan Karawang dan menewaskan 189 orang yang ada di dalamnya.
 
Dua kecelakaan itu memicu penghentian pengoperasian model pesawat Max 8 di seluruh dunia hingga waktu yang tak ditentukan.
 
Pesawat Boeing jenis Max-8 mempunyai spesifikasi kapasitas maksimum 210 penumpang, serta terdiri dari dua kelas dengan kapasitas penumpang rata-rata 162-178 kursi.
 
Pesawat ini mempunyai jarak tempuh sejauh 6.570 kilometer (km), panjang pesawat sebesar 39,52 meter, rentang sayap sebesar 35,9 meter, dan kekuatan mesin LEAP-1B keluaran CFM International.
 
Di Indonesia, pesawat jenis ini digunakan oleh Lion Air, Malindo Air, dan Garuda Indonesia. Pesawat jenis 737 Max tercatat paling cepat terjual dalam sejarah Boeing. Secara akumulasi tercatat ada 4.700 pesanan lebih dari 100 pelanggan di seluruh dunia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif