Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. (AFP/Bernd von Jutrczenka)
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. (AFP/Bernd von Jutrczenka)

PM Belanda Mengaku Salah atas Liburan Keluarga Kerajaan

Internasional Virus Korona belanda raja belanda
Willy Haryono • 19 Oktober 2020 06:33
Amsterdam: Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengaku telah "membuat penilaian yang salah" dengan tidak mengintervensi rencana liburan keluarga kerajaan ke Yunani. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maximab bertolak ke Yunani pada Jumat kemarin, namun langsung kembali ke Belanda satu hari setelahnya karena ada kecaman publik.
 
Sang raja dan ratu pergi berlibur saat Pemerintah Belanda menerapkan kebijakan penguncian (lockdown) parsial terkait pandemi virus korona (covid-19). Salah satu yang diatur dalam lockdown parsial di Belanda adalah imbauan untuk tidak melakukan perjalanan yang tak penting.
 
PM Rutte mengakui bahwa dia sebenarnya mengetahui rencana berlibur Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sebuah surat ke parlemen, PM Rutte mengaku "terlambat menyadari" bahwa rencana berlibur keluarga kerajaan "sudah tidak bisa lagi dibenarkan di tengah meningkatnya infeksi dan pengetatan aturan."
 
"Seharusnya saya mempertimbangkan kembali rencana liburan itu. Saya bertanggung jawab penuh atas semua ini," kata PM Rutte, dikutip dari laman BBC pada Minggu, 18 Oktober 2020.
 
Menyadari adanya kecaman keras dari masyarakat Belanda, Raja Willem dan Ratu Maxima pulang dengan penerbangan KLM dan tiba di Belanda pada Sabtu malam.
 
"Kami tidak ingin memicu keraguan di tengah masyarakat. Untuk mengendalikan virus covid-19, merupakan hal penting bagi kita semua untuk mengikuti protokol," ujar pernyataan resmi dari keluarga kerajaan Belanda.
 
"Perdebatan mengenai liburan kami tidak berkontribusi terhadap upaya tersebut," sambung pihak kerajaan.
 
Monarki Belanda tidak memiliki peran formal dalam pemerintahan. Namun Kementerian Urusan Umum, yang dipimpin seorang PM, bertanggung jawab atas apa yang monarki katakan dan lakukan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif