Mantan Presiden AS Jimmy Carter ulang tahun ke-99. Foto: AFP
Mantan Presiden AS Jimmy Carter ulang tahun ke-99. Foto: AFP

Panjang Umur, Mantan Presiden AS Jimmy Carter Rayakan Ultah ke-99

Fajar Nugraha • 02 Oktober 2023 11:54
Washington: Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter merayakan ulang tahunnya yang ke-99. Ini menjadikannya sebagai mantan Presiden AS yang tertua.
 
Berusia 99 tahun pada Minggu 1 Oktober, Carter menantang rintangan tujuh bulan setelah memasuki perawatan rumah sakit untuk merayakan ulang tahunnya yang lain.
 
Para pemimpin dunia, selebritas, dan masyarakat biasa mengirimkan ucapan selamat kepada pria yang hampir berusia seratus tahun itu. Sementara Gedung Putih memajang kue kayu raksasa di halaman rumahnya dengan 39 lilin untuk presiden ke-39 AS tersebut.
“Saya mengagumi Anda karena Anda memiliki integritas, karakter, dan tekad yang luar biasa,” kata Presiden AS Joe Biden dalam pesan video yang diposting di X, sebelumnya Twitter, seperti dikutip AFP, Senin 2 Oktober 2023.
 
"Tuhan mencintaimu, selamat ulang tahun sobat,” ucap Biden.
 
Carter, yang telah berhasil mengalahkan kanker otak pada usia 90-an, diperkirakan berada pada kondisi terakhirnya pada bulan Februari ketika yayasan nirlaba miliknya, Carter Center, mengumumkan bahwa ia akan menghabiskan "sisa waktu" di rumah bersama keluarganya di kota kecil Plains, Georgia dalam perawatan rumah sakit.
 
Panjang Umur, Mantan Presiden AS Jimmy Carter Rayakan Ultah ke-99
Mantan Presiden AS Jimmy Carter. Foto: AFP
 
Sejak pengumuman tersebut, Carter, seorang peraih Nobel perdamaian dan mantan petani kacang tanah, dilaporkan banyak tidur. Namun juga masih menonton bisbol dan makan es krim selai kacang kesayangannya.
 
Akhir pekan lalu dia bahkan tampil di Festival Kacang Tanah Dataran, ikut serta dalam parade bersama istrinya yang berusia 96 tahun, Rosalynn.
 
Cucu Carter, Jason Carter, mengatakan kepada USA Today bulan lalu bahwa pasangan itu "sebagaimana yang kita tahu sudah mendekati akhir," tetapi "mereka berdua baik-baik saja seperti yang diharapkan."
 
"Mereka bersama. Mereka di rumah. Mereka sedang jatuh cinta, dan menurutku tidak ada orang yang mendapatkan lebih dari itu. Maksudku, ini adalah situasi yang sempurna untuk saat ini dalam hidup mereka," kata Jason Carter.
 
Perpustakaan kepresidenan Carter di Atlanta mengadakan perayaan untuk mantan presiden satu hari lebih awal hingga Sabtu, karena momok penutupan pemerintah federal – yang dapat dihindari pada menit-menit terakhir – mengancam akan merusak perayaan tersebut.

Di alam semesta ini atau di alam semesta berikutnya

The Carter Center, juga di Atlanta mengatakan, telah menerima lebih dari 15.000 pesan ulang tahun untuk presiden, yang dikumpulkan menjadi mosaik digital.
 
Willie Nelson, Jane Fonda, mantan Presiden Bill Clinton, dan penulis astrofisika Neil deGrasse Tyson termasuk di antara mereka yang mempertimbangkannya.
 
"99 perjalanan mengelilingi matahari -- selamat. Jika Anda menghitungnya, jaraknya hampir 58 miliar mil," kata deGrasse Tyson.
 
“Semoga Anda melakukan lebih banyak lagi perjalanan mengelilingi matahari, di alam semesta ini, atau alam semesta berikutnya,” tutur deGrasse Tyson
 
Pada bulan Mei, keluarga Carter mengumumkan bahwa Rosalynn menderita demensia, dan berharap dengan mengungkapkan kondisinya akan membantu mengurangi stigma yang melingkupinya.
 
Menjalani 77 tahun usia pernikahan, keluarga Carter adalah yang terlama dalam sejarah kepresidenan AS, melampaui 73 tahun mantan presiden George H.W. Bush dan istrinya, Barbara.
 
Carter menjabat satu masa jabatan sebagai presiden setelah terpilih pada tahun 1976 setelah Perang Vietnam dan skandal Watergate. Kepresidenannya mencakup keberhasilan seperti perjanjian perdamaian Camp David, tetapi juga kontroversi seperti krisis sandera di Iran.
 
Dia mendedikasikan waktunya di masa pensiun untuk urusan kemanusiaan dan mendirikan Carter Center, yang mempromosikan hak asasi manusia dan resolusi konflik.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif