Ratu Inggris Elizabeth II. (Foto: AFP)
Ratu Inggris Elizabeth II. (Foto: AFP)

Ratu Elizabeth II Yakin Inggris Mampu Kalahkan Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 06 April 2020 06:00
London: Ratu Inggris Elizabeth II menyampaikan pidato nasional terkait pandemi virus korona (covid-19). Pidato yang sudah direkam sebelumnya di Istana Windsor itu disiarkan di televisi nasional pada Minggu 5 April 2020 malam waktu setempat.
 
Dalam pidatonya, Ratu Elizabeth optimistis Inggris bersama komunitas global mampu bersama-sama mengalahkan pandemi covid-19.
 
Menurut sang ratu, pandemi covid-19 berbeda dari berbagai tantangan lain yang pernah dihadapi Inggris. "Kali ini, kita bergabung dengan semua negara di seluruh dunia dengan tujuan yang sama, dengan menggunakan kemajuan sains dan juga rasa kasih sayang untuk pemulihan," ungkap Ratu Elizabeth, dilansir dari laman BBC, Senin 6 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita pasti bisa berhasil (mengalahkan pandemi covid-19). Kesuksesan itu akan menjadi milik kita semua," lanjutnya.
 
Mengenai usaha keras Inggris melawan covid-19, Ratu Elizabeth mengucapkan terima kasih kepada semua pekerja Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) yang berada di garda terdepan. Ia menilai pekerja NHS sebagai elemen krusial yang dapat mengembalikan Inggris ke situasi normal.
 
Tidak hanya kepada NHS, Ratu Elizabeth juga berterima kasih kepada semua warga Inggris yang mematuhi imbauan untuk tetap berada di dalam rumah. "Kalian yang memilih berdiam di rumah telah membantu melindungi kelompok rentan," sebut Ratu Elizabeth.
 
Ini merupakan pidato nasional kelima Ratu Elizabeth sejak dirinya menjadi pemimpin monarki Inggris 68 tahun lalu. Saat berbicara mengenai covid-19, Ratu Elizabeth mengaku teringat masa-masa remaja saat pertama kali berbicara di radio pada 1940.
 
Kala itu, Ratu Elizabeth berpidato di radio bersama adiknya, Putri Margareth. Pidato perdana Ratu Elizabeth itu disampaikan di tengah periode Perang Dunia II.
 
"Kami, sebagai anak-anak, berbicara di sini, di Windsor, kepada anak-anak lainnya yang telah dievakuasi dari rumah masing-masing demi keamanan mereka," ucap Ratu Elizabeth.
 
"Hari ini, sekali lagi, ada banyak orang yang merasa sedih karena harus terpisah dari keluarga. Tapi kita semua tahu, itu merupakan hal yang harus dilakukan," lanjutnya, merujuk pada imbauan untuk tetap berada di dalam rumah.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Senin dini hari, jumlah kasus covid-19 di Britania Raya telah melampaui 48 ribu dengan 4.943 kematian dan 229 pasien sembuh.
 
Di penghujung pidato, Ratu Elizabeth berjanji kepada masyarakat Inggris bahwa situasi akan kembali normal seperti sedia kala. "Hari-hari yang lebih baik akan kembali datang. Kita akan berkumpul bersama teman-teman lagi; kita akan berkumpul bersama keluarga lagi; kita akan berjumpa lagi," pungkasnya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif