Badai Ian porak-porandakan Florida./AFP
Badai Ian porak-porandakan Florida./AFP

Rusak Parah! Badai Ian Obrak-abrik Florida, North dan South Carolina

Marcheilla Ariesta • 01 Oktober 2022 21:30
Florida: Florida, North Carolina, dan South Carolina berusaha untuk pulih dari kehancuran yang ditimbulkan Badai Ian. Badai ini menjadi salah satu yang terkuat yang pernah melanda daratan Amerika Serikat (AS).
 
Hingga saat ini, Badai Ian telah menewaskan 20 orang dan menyebabkan kerusakan dengan nilai kerugian material hingga puluhan miliar dolar. Badai tersebut kini telah melemah, namun masih membahayakan beberapa bagian Carolina, Virginia dan Virginia Barat hingga Sabtu pagi waktu setempat.
 
"Gelombang berbahaya, banjir bandang dan ancaman angin kencang terus berlanjut," kata National Hurricane Center, dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Florida Porak-poranda Akibat Badai Terdahsyat Pernah Melanda
 
Badai Ian melanda Pantai Teluk Florida, mengubah kota-kota di area pantai menjadi daerah bencana. Jumat kemarin, badai itu menghantam tepi laut Georgetown, utara kota bersejarah Charleston di Carolina Selatan, dengan kecepatan angin mencapai 140 kilometer per jam.
 
Jalan tergenang dan terhalang pepohonan, sementara sejumlah dermaga rusak akibat terjangan Badai Ian. Sekitar 1,7 juta rumah dan bisnis padam di Carolina dan Florida pada pukul 02:30 waktu setempat.
 
Jumlah pasti korban tewas dan luka serta nilai kerugian material belum dapat dipastikan. Tetapi kerusakan sudah terlihat begitu jelas di hari ketiga Badai Ian menerjang Florida.
 
Presiden AS Joe Biden telah menyetujui deklarasi bencana, memungkinkan adanya penyaluran bantuan federal kepada negara-negara bagian yang terkena dampak Badai Ian.
 
"Kami baru mulai melihat skala kehancuran itu. Kemungkinan besar ini adalah yang terburuk dalam sejarah negara," kata Biden, yang mengumumkan keadaan darurat di North Carolina pada Sabtu ini.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif