Ilustrasi/AFP.
Ilustrasi/AFP.

Partisipasi Minim, Hasil Pemilihan Regional di Prancis Mengecewakan

Internasional prancis politik prancis
Marcheilla Ariesta • 22 Juni 2021 04:49
Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron dan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen ternyata bernasib lebih buruk dari yang diperkirakan pada putaran pertama pemilihan regional di negara itu. Hasil jajak pendapat menunjukkan keduanya mendapatkan hasil mengecewakan dalam pemilihan presiden 2022 akibat banyak pemilih yang tak menggunakan haknya.
 
Proyeksi awal menunjukkan partai Republik berhaluan kanan-tengah akan memenangkan pemilihan pada Minggu, 20 Juni 2021. Sedangkan, partai Reli Nasional yang dipimpin Le Pen diperkirakan meraih hasil lebih rendah berdasarkan survei pemilih yang dilakukan pekan lalu.
 
"Para pemilih kami tidak hadir," kata Le Pen di Henin-Beaumont, Perancis utara usai pemilihan, dilansir dari AFP, Senin, 21 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya menyerukan kepada mereka untuk merespons segera," imbuhnya.
 
Partisipasi pemilih berada di titik terendah, diperkirakan hanya 32 persen. Dilansir The Guardian, 68 persen pemilih tidak ikut memberikan suara.
 
Persentase tersebut jauh lebih besar dari pemilihan daerah pada 2015, di mana lebih dari 50 persen orang Prancis tidak memilih.
 
Baca: Oposisi Prancis Buka Peluang Kuasai Pemilihan Daerah
 
Pemungutan suara ini dilakukan untuk memilih dewan baru di 13 wilayah daratan Prancis dan satu wilayah di seberang laut Negeri Menara Eiffel tersebut.
 
Dalam pemilihan regional kali ini total ada 15.786 kandidat yang bersaing meraih 4.108 kursi. Pemenang akan memiliki jabatan selama enam tahun.
 
Pemilu ini telah tertunda selama tiga bulan karena pandemi. Karenanya dalam memilih, protokol kesehatan wajib dilakukan.
 
Dalam pemilu Prancis partai-partai diharuskan menampilkan daftar pemilih yang mencantumkan calon laki-laki dan perempuan secara berurutan. Jumlah calon dari setiap daftar yang dipilih tergantung pada skor masing-masing partai.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif