Dubes Niniek dorong pengusaha Argentina untuk manfaatkan RCEP. Foto: Dok. KBRI Buenos Aires.
Dubes Niniek dorong pengusaha Argentina untuk manfaatkan RCEP. Foto: Dok. KBRI Buenos Aires.

Pengusaha Argentina Didorong Manfaatkan RCEP demi Perluas Bisnis di ASEAN

Marcheilla Ariesta • 02 Juli 2021 22:15
Buenos Aires: Duta Besar RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie menuturkan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) menawarkan berbagai investasi menarik. RCEP menjadi peluang emas para pebisnis Argentina mengembangkan usaha mereka di ASEAN.
 
"Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) tawarkan berbagai investasi menarik dan akses pasar yang sangat besar, oleh karena itu merupakan peluang emas bagi para pelaku usaha di Argentina untuk mengembangkan bisnisnya di Asia, terutama negara-negara ASEAN," ucap Niniek dalam webinar bertajuk RCEP: Opportunities Ahead.
 
Kegiatan tersebut merupakan program kerja sama ASEAN Committee in Buenos Aires (ACBA) di masa keketuaan Indonesia. Tujuannya untuk mempromosikan isu-isu ASEAN di negara ketiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disepakatinya RCEP adalah tonggak penting di tengah suramnya ekonomi dunia dan meningkatnya ketidakpercayaan dan ketegangan antara negara-negara besar. RCEP juga dinilai sebagai kemenangan atas prinsip multilateralisme karena menegaskan prinsip perdagangan yang terbuka, adil, dan bermanfaat bagi semua.
 
Yang terpenting, kata Niniek, RCEP memberikan harapan dan optimisme terhadap pemulihan ekonomi pascapandemi. Pasalnya, berinvestasi di salah satu negara RCEP menjamin akses pasar ke sepertiga ekonomi global dan dua miliar konsumen, termasuk 600 juta penduduk di ASEAN.
 
Baca juga: Daya Saing Jadi Tantangan Utama RI dalam RCEP
 
Direktur Integrasi Pasar ASEAN, Anna Robeniol menjelaskan secara rinci mengenai relevansi RCEP dengan tantangan perdagangan global saat ini. Sebagai inisiatif ASEAN, RCEP menunjukkan dukungan kuat ASEAN terhadap sistem perdagangan multilateral yang terbuka, inklusif dan berdasar kepada aturan. 
 
ASEAN dianggap berhasil menyediakan platform yang menyatukan kekuatan-kekuatan besar di kawasan meskipun ada perbedaan geo-politik.
 
"Karena RCEP menyediakan pasar yang besar, pengusaha Argentina harus berpikir untuk menjadikan ASEAN sebagai hub. Jagung, gandum, dan kulit dari Argentina dapat diolah menjadi produk dengan nilai tambah lebih dan kemudian dipasok ke negara-negara pihak RCEP lainnya," seru Anna.
 
RCEP adalah blok perdagangan terbesar di luar WTO, yang ditandatangani pada 15 November 2020 oleh ASEAN dan lima negara Asia Pasifik - Australia, China, Jepang, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Perjanjian tersebut secara bertahap akan mengurangi atau menghilangkan tarif untuk produk industri dan pertanian dan menetapkan aturan untuk transmisi data.
 
RCEP mengatur tiga cakupan besar, yakni Aturan dan Disiplin - ketentuan asal barang, persaingan pasar, perlindungan konsumen - , Akses Pasar - barang, jasa, investasi -, dan kerja sama ekonomi dan teknik (ECOTECH).
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif