Pertunjukan gamelan di Praha, Republik Ceko, 14 Mei 2022. (Kemenlu RI)
Pertunjukan gamelan di Praha, Republik Ceko, 14 Mei 2022. (Kemenlu RI)

Konser Gamelan 'The Legend of Prambanan Temple' Pukau Masyarakat Ceko

Willy Haryono • 24 Mei 2022 07:19
?Praha: Indahnya alunan gamelan yang diiringi pertunjukan drama dan tari berhasil memukau sekitar 300 warga Republik Ceko yang memadati Prague City Library dalam gelaran konser gamelan bertajuk “The Legend of Prambanan Temple” yang diselenggarakan KBRI Praha dan KBRI Budapes di Prague City Library, Praha, 14 Mei 2022.
 
Konser gamelan ini merupakan konser gabungan antara kelompok gamelan Wirama Galih binaan KBRI Praha dan kelompok gamelan Surya Kencana A binaan KBRI Budapest, yang seluruh pemainnya adalah warga negara asing (Ceko dan Hungaria) dan mayoritas merupakan alumni penerima beasiswa Dharmasiswa dan Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI).
 
Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy D. Ekaningsih, dalam sambutannya menyebutkan bahwa konser gamelan ini merupakan momen yang sudah lama dinantikan KBRI Praha, mengingat selama dua tahun terakhir, Pemerintah Ceko memberlakukan restriksi akibat pandemi Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Kenssy menyebutkan bahwa gamelan dipilih karena sudah menjadi alat musik global yang dimainkan tidak hanya di Indonesia, tapi juga di banyak negara.
 
"Ketertarikan dan kecintaan para alumni Dharmasiswa dan BSBI akan gamelan menunjukkan bahwa gamelan telah mendapatkan tempat khusus untuk dipelajari bagi warga negara asing," kata Dubes Kenssy, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 23 Mei 2022.
 
Konser gamelan yang dibuka dengan penampilan tari gambyong ini terbagi dalam dua babak. Babak pertama dimainkan empat lagu pilihan dari tiga maestro gamelan yang memiliki karakter masing-masing dalam komposisi musiknya. Lagu yang dimainkan diantaranya Buka Sembarangan dan Westminster karya I Wayan Sadra, Dara Muluk karya Ki Nartosabdo, dan Penghijauan karya Ki Cokrowarsito.
 
Sementara di babak kedua, ditampilkan pertunjukan drama dan tari yang mengangkat cerita legenda Indonesia bertajuk “The Legend of Prambanan Temple". Komposisi musik dalam pertunjukan babak kedua diciptakan oleh seniman Dedek Wahyudi dan Agus Prasetyo.
 
Cerita legenda Prambanan dipilih karena memiliki latar belakang sejarah yang pastinya akan menarik bagi publik Ceko. “Gamelan dan candi Prambanan merupakan warisan budaya UNESCO yang kami coba perkenalkan kepada publik Ceko. Tentunya dengan dikemas secara apik dalam pertunjukan drama dan tari, akan semakin menarik minat publik Ceko untuk lebih mengenal Indonesia" kata Dubes Kenssy.
 
Dubes Kenssy juga mengatakan melalui konser gamelan selain untuk mempromosikan Indonesia, juga bertujuan meningkatkan people to people contact antara Indonesia dan Ceko yang telah terjalin lama.
 
"Musik adalah bahasa universal yang dapat diterima oleh siapapun dengan latar belakang budaya yang berbeda. Demikian halnya dengan gamelan, yang sudah menjadi alat musik global, diharapkan dapat menjadi media untuk lebih mempererat hubungan Indonesia – Ceko melalui people to people contact," ujar Dubes Kenssy.
 
Selain itu, gelaran konser gamelan ini juga menjadi kesempatan emas untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Berdasarkan data dari Association of Czech Travel Agents (ACK), terdapat tren peningkatan wisman Ceko ke Indonesia setiap tahunnya.
 
Namun jumlah tersebut mengalami penurunan di masa pandemi. Untuk itu, penyelenggaraan promosi seni budaya melalui konser gamelan ini diharapkan dapat kembali menggenjot minat wisatawan Ceko ke Indonesia.
 
Baca:  Destinasi Wisata RI Jadi Incaran Publik Ceko di Holiday World 2022
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif