Logo CIA terpampang di markas besarnya di Langley, Virginia, Amerika Serikat. (SAUL LOEB / AFP)
Logo CIA terpampang di markas besarnya di Langley, Virginia, Amerika Serikat. (SAUL LOEB / AFP)

Populer Internasional: Program Rahasia CIA Hingga Situasi 'Gila' di Ukraina

Willy Haryono • 12 Februari 2022 10:12
Langley: Dinas Intelijen Amerika Serikat (CIA) memiliki penyimpanan data rahasia yang tidak diungkapkan yang mencakup informasi yang dikumpulkan tentang rakyat Amerika. Pernyataan dua senator Partai Demokrat di Komite Intelijen Senat AS itu menjadi salah satu berita terpopuler di kana internasional Medcom.id pada Sabtu, 12 Februari 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah tentara Singapura yang membantu penanganan varian Covid-19 Omicron dan pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengenai situasi "gila" di Ukraina.

Berikut selengkapnya:

  • Senator: CIA Miliki Program Rahasia yang Mengumpulkan Data Warga Amerika

Kedua senator menuduh CIA telah lama menyembunyikan rincian tentang program rahasia dari publik dan Kongres.
 
Senator Ron Wyden dari Oregon dan Martin Heinrich dari New Mexico telah mengirim surat kepada pejabat tinggi intelijen yang meminta perincian tentang program yang akan dideklasifikasi. Sebagian besar surat dan dokumen yang dirilis oleh CIA disamarkan.
 
Wyden dan Heinrich mengatakan, “program itu beroperasi di luar kerangka hukum yang diyakini Kongres dan publik mengatur pengumpulan ini."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Detail apa lagi yang disampaikan kedua senator tersebut? Cek selengkapnya di sini.
  • Tentara Singapura Bantu Penanganan Covid-19 di Tengah Lonjakan Omicron

Angkatan Darat Singapura mengerahkan tentara untuk membantu Kementerian Kesehatan (MOH) menangani lonjakan kasus covid-19 varian Omicron.
 
Sekitar 100 anggota militer akan dilibatkan dalam pengerahan itu, kata Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen melalui Facebook pada Jumat, 11 Februari.
 
"Mereka akan meningkatkan call center nasional untuk memberikan petunjuk, menjawab pertanyaan, dan menenangkan pasien covid-19 untuk beberapa minggu ke depan," kata Ng.
 
Seperti apa situasi terkini terkait Omicron di Singapura? Cek selengkapnya di sini.
  • Biden: Warga AS Tinggalkan Ukraina, Situasi Bisa Jadi Gila dengan Cepat

Biden mendesak warganya untuk segera meninggalkan Ukraina, di tengah kekhawatiran akan terjadinya invasi dari Rusia. Ia mengatakan, situasi di Ukraina bisa menjadi "gila" dalam waktu cepat.
 
Dalam sebuah kutipan dari wawancara dengan NBC News, pembawa acara Lester Holt bertanya kepada Biden, apa dia mungkin mengirim pasukan AS ke Ukraina untuk membantu warga Amerika yang mencoba melarikan diri.
 
"Tidak," jawab Biden singkat.
 
Apa lagi yang disampaikan Biden terkait situasi terkini di Ukraina? Cek selengkapnya di sini.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif