Polisi Amerika Serikat kerap dihadapkan pada tindakan kekerasan ke warga. Foto: AFP
Polisi Amerika Serikat kerap dihadapkan pada tindakan kekerasan ke warga. Foto: AFP

Seorang Ibu di AS Tewas Ditembak Polisi Seminggu Sebelum Natal

Internasional Amerika Serikat penembakan as Polisi AS Bunuh Warga
Medcom • 30 Desember 2021 18:08
Detroit: Seorang polisi di Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS) menembak dan membunuh Nikita Williams yang berusia 33 tahun pada Minggu, 19 Desember 2021. Polisi itu mengacungkan senjata airsoft gun kepada pelanggan dan karyawan di pompa bensin Sunoco di sisi timur kota selama krisis kesehatan mental.
 
Dilansir dari WSWS, Kamis, 30 Desember 2021, empat petugas polisi Detroit tiba di pompa bensin setelah menerima beberapa panggilan dari nomor telepon darurat AS (911) dan menembaki Williams, yang meninggal karena luka-lukanya dalam perjalanan ke rumah sakit.
 
Williams diketahui meninggalkan empat anak hanya seminggu sebelum liburan Natal. “Mereka menangis sepanjang hari. Saya mencoba membuat mereka mengerti, tetapi itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah kalian lupakan,” kata Eddie Dobbs, ayah dari anak-anaknya kepada ClickOnDetroit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Kepala Polisi Detroit, James White, penyelidikan independen tengah dilakukan oleh Kepolisian Negara Bagian Michigan. Departemen Kepolisian Detroit (DPD) telah merilis gambar diam dari rekaman kamera tubuh, namun tidak seluruh video itu sendiri.
 
“Ketika salah satu pelanggan datang ke toko, ia bertemu pelanggan itu, menodongkan pistol ke pelanggan itu, (dan) pelanggan itu berbalik dan pergi. Ia keluar dari toko,” jelas White. 
 
“Pada saat yang tepat, petugas menemuinya. Ia berbalik dan mengarahkan senjata ke petugas. Petugas menginterogasinya,” lanjut White.
 
White mengatakan para petugas melepaskan tembakan, mengenai tersangka, dan kemudian menendang senjata itu menjauh darinya, dimana mereka menemukan “senjata” itu hanyalah sebuah airsoft gun.
 
White menjelaskan, Williams tidak pernah menembakkan airsoft gun, namun telah mengancam orang selama setidaknya tujuh menit. Panggilan 911 datang sekitar pukul 18:02 waktu setempat, dan polisi muncul dan menghadapinya sekitar pukul 18:09.
 
“Ini adalah saudara perempuan seseorang, mungkin ibu seseorang, tentu saja putri seseorang. Jadi, ini adalah hari yang tragis. Inilah kami, dan sekarang kami melihat kebijakan kami, praktik kami dan memastikan bahwa mereka diikuti. Tapi dari apa yang saya lihat, ia menodongkan senjata dan petugas menyerangnya. Itu hanya situasi tragis yang harus kami hadapi,” terang White, berikan simpati untuk meredam kemarahan rakyat sambil memaafkan pembunuhan itu.
 
Di Amerika Serikat, polisi mengerahkan kekuatan mematikan terhadap kelas pekerja secara teratur, membunuh lebih dari 1.000 orang setiap tahun dengan impunitas hampir penuh.
 
Menurut Organisasi Pemetaan Kekerasan Polisi, petugas kepolisian diketahui telah membunuh setidaknya 1.051 orang pada 2021. Hanya terdapat 12 hari pada 2021, dimana pembunuhan polisi tidak tercatat di AS. 
 
Antara 2013 dan 2021, petugas dari DPD telah membunuh 23 orang, termasuk Michael Adams III yang berusia 19 tahun. Ia ditembak dan dibunuh oleh polisi yang menyamar pada Agustus 2021.
 
Meskipun gelombang protes terbesar terhadap kekerasan polisi dalam sejarah AS setelah pembunuhan George Floyd pada Mei 2020, pembunuhan polisi kian berlanjut dan hanya meningkatkan pendanaan untuk departemen di seluruh negeri.
 
Hal tersebut termasuk upaya untuk mempekerjakan lebih banyak petugas polisi dengan melonggarkan persyaratan. Pelamar untuk posisi petugas polisi Detroit hanya harus berusia 18 tahun, warga negara AS, memiliki kelulusan sekolah menengah atau Pengembangan Pendidikan Umum (GED), penglihatan 20/20, surat izin mengemudi Michigan yang valid dan catatan mengemudi yang bersih, serta tidak ada hukuman kejahatan dalam catatan (bahkan jika dihapus). 
 
Lalu, kandidat yang diterima harus mengikuti pelatihan dasar di Akademi Kepolisian Metropolitan Detroit, setelah melewati proses penyaringan. Minimal 19 minggu kelas diperlukan untuk pelatihan dasar. 
 
Oleh karena itu, dibutuhkan kira-kira empat hingga lima bulan untuk menjadi petugas polisi. Sementara di Detroit dibutuhkan waktu lebih lama, 11-22 bulan dalam 1.800 jam untuk menjadi tukang cukur berlisensi.
 
Total pengeluaran polisi dalam anggaran 2022 Detroit adalah Rp4,8 triliun. Sedangkan anggaran departemen kesehatan adalah Rp610,3 miliar, dan anggaran departemen perumahannya adalah Rp996,8 miliar. 
 
Fokus kelas pekerja disebut bukanlah pada alokasi sumber daya yang diperlukan guna mengurangi dan menghilangkan penyebaran covid-19, namun untuk memastikan kelas pekerja tetap di tempatnya termasuk dengan menekan protes dan pemogokan dengan pasukan polisi yang didanai dengan baik. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif