Warga dan wisatawan memakai masker saat beraktivitas di Roma, Italia. (AFP)
Warga dan wisatawan memakai masker saat beraktivitas di Roma, Italia. (AFP)

Italia Siapkan Pembatasan Nasional Demi Hindari Lockdown

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 12 Oktober 2020 13:45
Roma: Italia tengah mempersiapkan pembatasan nasional baru akibat lonjakan kasus infeksi virus korona (covid-19) yang terus meningkat. Meski demikian, mereka tidak akan melakukan penguncian (lockdown) seperti yang terjadi di awal pandemi.
 
Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza mengatakan, kebijakan pembatasan baru ini merupakan respons atas lonjakan kasus covid-19. Menurutnya, Italia perlu memperketat kembali pembatasan sosial usai sempat diperlonggar dalam beberapa pekan terakhir.
 
"Saat ini kami melakukan beberapa tindakan, namun kebijakan yang kami ambil tidak akan seketat beberapa bulan lalu," kata Speranza, dilansir dari AFP, Senin, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami harus melakukan pembatasan ini untuk menghindari lockdown yang lebih ketat di kemudian hari," lanjut dia.
 
Ia mengatakan, larangan akan berlaku bagi semua pihak dan kegiatan, termasuk pesta yang melibatkan anak-anak dan dewasa. Di ibu kota Roma, jam buka bagi bar dan restoran juga dibatasi secara ketat.
 
Pembatasan juga diberlakukan untuk kegiatan olahraga yang melibatkan kontak fisik dan yang tidak memungkinkan adanya penggunaan masker. Meski demikian, ia tidak menjelaskan lebih detail mengenai cabang olahraga yang dimaksud.
 
"Kebijakan baru itu akan dibahas dengan otoritas daerah pada hari Senin, dan akan dimasukkan dalam keputusan yang akan ditandatangani Perdana Menteri Giuseppe Conte, paling cepat Senin malam," serunya.
 
Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio juga mengesampingkan penerapan lockdown nasional untuk Negeri Menara Pisa. Menurut Di Maio, perekonomian Italia tidak akan mampu menerima lockdown seperti itu lagi.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif