Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

AS Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama Tahun Ini

Fajar Nugraha • 19 Mei 2022 07:12
Massachusetts: Kasus cacar monyet pertama di Amerika Serikat (AS) tahun ini dikonfirmasi di Massachusetts pada Selasa 17 Mei 2022. Pejabat kesehatan setempat mengatakan, seorang pria dewasa yang baru saja kembali dari Kanada tertular penyakit tersebut.
 
“Pasien telah dirawat di rumah sakit dalam kondisi baik dan kasus ini tidak menimbulkan risiko bagi publik," menurut Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts (MPDH), seperti dikutip The New York Post, Kamis 19 Mei 2022.
 
Departemen mengatakan sedang bekerja dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan dewan kesehatan setempat lainnya untuk menghubungi dan melacak setiap individu yang mungkin telah terpapar pasien.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus cacar monyet diketahui telah melonjak di seluruh dunia.
 
Pada Rabu, para pejabat mengonfirmasi lima kasus cacar monyet di Portugal dan sedang menyelidiki lebih dari puluhan lainnya - yang semuanya laki-laki, kebanyakan dari mereka masih muda.
 
Awal pekan ini, pejabat Inggris mengatakan, mereka mengidentifikasi empat kasus cacar monyet yang menyebar di London di antara pria gay dan biseksual di sekitar London. Sembilan kasus telah dikonfirmasi di negara itu sejak Mei.
 
Penyakit ini jarang terjadi di luar Afrika tengah dan barat dan merupakan bagian dari keluarga virus yang sama yang mencakup cacar air dan cacar.
 
Gejala khas cacar monyet termasuk demam, menggigil, ruam dan lesi pada wajah atau alat kelamin yang menyerupai cacar.
 
“Penyakit secara klinis dapat dikacaukan dengan infeksi menular seksual seperti sifilis atau herpes, atau dengan virus varicella zoster,” kata MPDH seraya menambahkan Infeksi biasanya berlangsung 2-4 minggu.
 
Orang-orang diyakini terpapar virus di Afrika melalui gigitan atau cakaran dari hewan pengerat dan mamalia kecil, menyiapkan hewan buruan, atau melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi atau mungkin produk hewani, kata para pejabat.
 
“Namun virus itu tidak mudah menyebar antar manusia,” kata MPDH. Penularan melalui kontak dengan cairan tubuh, luka cacar monyet, atau pakaian, atau tempat tidur yang terkontaminasi cairan atau luka. Itu juga dapat ditukar melalui "tetesan pernapasan setelah kontak tatap muka yang berkepanjangan."
 
Vaksin yang dikembangkan untuk melawan cacar telah disetujui untuk cacar monyet, dan beberapa antivirus juga tampaknya efektif.
 
Menurut MDPH, ini adalah kasus pertama yang dikonfirmasi di Amerika Serikat pada 2022. Pada tahun 2021, kasus dilaporkan di Texas dan Maryland pada dua orang yang baru saja bepergian ke Nigeria.
 
Para pejabat mengatakan orang harus diuji jika mereka: mengembangkan ruam yang tidak dapat dijelaskan; telah bepergian ke negara di mana cacar monyet telah dilaporkan dalam 30 hari terakhir; telah melakukan kontak dengan mereka yang dikonfirmasi atau dicurigai menderita cacar monyet; atau laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki lain.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif