Delegasi Taliban berada di Norwegia untuk melakukan pembicaraan dengan diplomat barat. Foto: AFP
Delegasi Taliban berada di Norwegia untuk melakukan pembicaraan dengan diplomat barat. Foto: AFP

Populer Internasional: Taliban Bertemu Diplomat Barat hingga Malaysia Tak Larang Perjalanan Idulfitri

Fajar Nugraha • 25 Januari 2022 09:04
Oslo: Para diplomat Taliban dan pihak Barat bertemu di Oslo, Norwegia pada Senin 24 Januari 2022 untuk membicarakan krisis kemanusiaan dan hak asasi manusia Afghanistan. Terutama para wanita yang kebebasannya telah dikekang oleh kelompok Islam garis keras itu.
 
Informasi mengenai pertemuan itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom yang diikuti dengan kabar mengenai 85 persen populasi Tonga terdampak hujan abu dan tsunami.
 
Kemudian diikuti dengan Perdana Menteri Malaysia yang pastikan tidak ada larangan perjalanan selama Idulfitri 2022. Berikut selengkapnya berita terpopuler Internasional Medcom:

1. Taliban Temui Diplomat Barat Bahas Kebebasan untuk Perempuan

Para diplomat Taliban dan pihak Barat bertemu di Oslo, Norwegia pada Senin 24 Januari 2022 untuk membicarakan krisis kemanusiaan dan hak asasi manusia Afghanistan. Terutama para wanita yang kebebasannya telah dikekang oleh kelompok Islam garis keras itu.
 
Dalam kunjungan pertama mereka ke Eropa sejak kembali berkuasa pada Agustus, Taliban akan bertemu dengan perwakilan Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, Jerman, Italia, Uni Eropa, dan Norwegia. Delegasi Taliban dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi.
 
Diskusi tertutup, yang difasilitasi oleh Norwegia, diadakan di Soria Moria Hotel, di puncak bukit bersalju di luar Oslo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa hasil dari pertemuan itu? Simak di sini.
 

2. Pemerintah Tonga: 85 Persen Populasi Terdampak Hujan Abu dan Tsunami

Tonga berada di jalan yang panjang menuju pemulihan, karena 85 persen penduduk terkena dampak letusan dahsyat yang diikuti oleh tsunami. Air bersih masih menjadi permintaan utama mereka.
 
Sebagian besar penduduk terkena dampak letusan dahsyat dan tsunami yang mengikutinya, dan banyak daerah masih berjuang untuk memulihkan kebutuhan dasar.
 
“Hampir 85 persen dari populasi negara yang berpenduduk sekitar 105.000 orang telah terkena dampak letusan gunung berapi dan tsunami akhir pekan lalu,” kata Pemerintah Tonga, seperti dikutip RNZ Pacific, Senin 24 Januari 2022.
 
Hingga saat ini korban tewas tetap tercatat tiga orang. 
 
Seperti apa kondisi Tonga saat ini? Simak tautan ini.

3. PM Malaysia Pastikan Tak Ada Larangan Perjalanan Selama Idulfitri 2022

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob memastikan bahwa tidak akan ada larangan perjalanan atau Perintah Kawalan Pergerakan (MCO) selama Hari Raya Idulfitri 2022. Ia mengatakan sektor ekonomi dan sosial, begitu juga dengan perjalanan lintas negara bagian, akan diperbolehkan beroperasi secara normal selama Idulfitri mendatang.
 
"Jika ada kenaikan kasus (Covid-19) di beberapa daerah, Perintah Kawalan Pergerakan yang Ditingkatkan (EMCO) akan ditargetkan secara spesifik" kata PM Ismail, dilansir dari VNA, Senin, 24 Januari 2022.
 
Namun ia meminta seluruh masyarakat Malaysia untuk tidak berpuas diri dan perlu tetap mendukung pemerintah dalam meredam penyebaran Covid-19.
 
Apa alasan PM Malaysia keluarkan kebijakan itu? Selanjutnya di sini.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif