Presiden Rusia Vladimir Putin tegaskan serangan ke Ukraina diperlukan. Foto: AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin tegaskan serangan ke Ukraina diperlukan. Foto: AFP

Pidato di Hari Kemenangan dari Nazi, Putin Bela Invasi ke Ukraina

Internasional ukraina Vladimir Putin rusia Perang Rusia-Ukraina
Marcheilla Ariesta • 09 Mei 2022 16:35
Moskow: Rusia merayakan ulang tahun kemenangan atas Nazi yang ke-77 pada hari ini, Senin, 9 Mei 2022. Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato mengenai operasi di Ukraina dalam parade Hari Kemenangan itu.
 
Presiden Vladimir Putin mengatakan, Rusia berjuang untuk keamanan negaranya saat ia berpidato di parade militer pada Hari Kemenangan di Moskow.
 
Dia mengucapkan selamat kepada perwira militer dan veteran saat dia melangkah ke podium di Lapangan Merah untuk berbicara kepada orang banyak di acara tahunan, yang menandai peringatan 77 tahun Uni Soviet mengalahkan Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Operasi (itu) adalah tugas Rusia untuk menjaga ingatan kami yang mengalahkan Nazisme tetap hidup dan bahwa perang di Ukraina diperlukan karena Barat sedang mempersiapkan invasi ke tanah kami, termasuk Krimea,” tegas Putin, seperti dikutip inews.co.uk.
 
“Nato secara aktif mengejar wilayah kami. Itu sama sekali tidak dapat diterima oleh kami. Kita berbicara tentang neo-Nazi di Ukraina yang bekerja sama dengan AS dan mitranya,” katanya.
 
“Ukraina menerima persenjataan paling modern dari NATO. Keputusan untuk operasi militer khusus ini terpaksa dan merupakan satu-satunya keputusan yang benar,” ucapnya.
 
“AS berbicara setelah jatuhnya Uni Soviet tentang pengecualian, tetapi kami adalah negara yang berbeda dengan karakter yang berbeda. Kami menghormati semua orang dan budaya,” imbuh Putin.
 
Pidato di Hari Kemenangan dari Nazi, Putin Bela Invasi ke Ukraina
Putin pada perayaan Hari Kemenangan. Foto: AFP
 
Pasukan Rusia telah mendorong maju Senin dalam serangan mereka di Ukraina, berusaha untuk merebut kota pelabuhan selatan Mariupol yang penting.
 
Pidatonya diperkirakan akan berpusat pada invasi yang tengah berlangsung di Ukraina. Moskow menginvasi Kiev sejak 24 Februari lalu.
 
Parade militer itu dilakukan sehari setelah Rusia dikabarkan menyerang sebuah sekolah, yang diduga menewaskan 60 orang di Ukraina. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini tidak ada kepala negara asing.
 
Biasanya, kepala negara asing akan menjadi tamu dalam parade tersebut.
 
Dilansir dari Deutsche Welle, Senin, 9 Mei 2022, ada spekulasi Putin akan mengumumkan eskalasi militer. Ini dapat mencakup mobilisasi tentara secara umum atau sebagian.
 
Pidato di Hari Kemenangan dari Nazi, Putin Bela Invasi ke Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin di antara veteran perang. Foto: AFP
 
Sekitar 11.000 tentara diperkirakan berpartisipasi dalam parade di Lapangan Merah Moskow, dan jet tempur akan membentuk huruf "Z" di langit, simbol pertempuran Rusia di Ukraina.

Apa itu Hari Kemenangan di Rusia?

Di Rusia, 'Hari Kemenangan' seperti yang disebut di era pascaSoviet, selama beberapa dekade merupakan hari peringatan yang menyedihkan. Uni Soviet kehilangan jutaan warganya selama Perang Dunia II dan 9 Mei adalah hari merenungkan kehilangan itu.
 
Namun, itu telah berubah selama beberapa tahun terakhir. Semakin hari, Putin telah menggunakan hari itu untuk melayani keperluan domestiknya sendiri.
 
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Rusia melupakan segala sesuatu yang penting bagi para pemenang Perang Dunia II.
 
"Kejahatan telah kembali, dengan seragam yang berbeda, di bawah slogan yang berbeda, tetapi untuk tujuan yang sama," pungkas dia.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif