Richard Barnett duduk dan mengangkat kakinya ke sebuah meja di kantor Ketua DPR Nancy Pelosi. (Twitter)
Richard Barnett duduk dan mengangkat kakinya ke sebuah meja di kantor Ketua DPR Nancy Pelosi. (Twitter)

FBI Tangkap Pendukung Trump yang Duduk di Kantor Ketua DPR

Internasional amerika serikat donald trump Pendukung Trump Rusuh
Willy Haryono • 09 Januari 2021 13:36
Washington: Biro Investigasi Federal (FBI) menangkap seorang pria asal Arkansas yang fotonya sempat viral dalam peristiwa penyerbuan massa pendukung petahana Donald Trump ke Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, pada Rabu lalu. Dalam foto viral tersebut, seorang pria terlihat duduk dan menaruh kakinya di atas sebuah meja di kantor Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, Nancy Pelosi.
 
Menurut juru bicara FBI cabang Little Rock, Connor Hagan, pria bernama Richard Barnett menyerahkan dirinya ke agen FBI di kantor Sheriff Benton County di Bentonville, Arkansas.
 
Hagan mengatakan, Barnett saat ini berada di pusat penahanan Washington County dekat Fayetteville, Arkansas. Dilansir dari laman Al Arabiya pada Sabtu, 9 Januari 2021, sejauh ini belum ada satu pengacara pun yang terdaftar untuk mendampingi Barnett.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ken Kohl, wakil jaksa federal di Washington, mengatakan bahwa Barnett didakwa atas pelanggaran menerobos masuk ke kantor Pelosi. Saat berada di ruangan Pelosi, Barnett meninggalkan sebuah pesan dan mengambil beberapa amplop surat milik sang ketua DPR.
 
Baca:  Diserang Massa Pendukung Trump, Kantor Ketua DPR AS Berantakan
 
Barnett, berusia 60 tahun, saat ini terancam tiga dakwaan federal, yakni berada di area terlarang tanpa izin; menerobos masuk area Capitol; dan pencurian properti publik."
 
Jika terbukti bersalah atas ketiga dakwaan tersebut, Barnett dapat dijatuhi vonis satu tahun penjara. Otoritas AS mengatakan bahwa Barnett adalah satu dari sejumlah pendukung petahana Donald Trump yang menerobos masuk Gedung Capitol pada Rabu kemarin.
 
Saat menerobos masuk, Barnett sempat menyampaikan keterangan kepada seorang reporter New York Times. Kala itu dia berkata, "saya tidak mencuri (amplop milik Pelosi), karena saya telah menaruh sebuah uang koin di mejanya."
 
Berasal dari Gravette, Barnett mengidentifikasi dirinya di media sosial sebagai pendukung Trump dan penegak hak kepemilikan senjata api.
 
Sementara itu Wali Kota Gravette, Kurt Maddox, mengatakan bahwa foto viral Barnett telah membuat kotanya menjadi sorotan. Tidak hanya itu, Maddox mengatakan beberapa warga Gravette telah menerima ancaman dari pihak tertentu terkait foto Barnett.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif