Salah satu produk UMKM Indonesia yang ditawarkan di Prancis. Foto: KBRI Paris
Salah satu produk UMKM Indonesia yang ditawarkan di Prancis. Foto: KBRI Paris

Potensi Tembus Pasar Mancanegara, 15 UMKM Indonesia Pamerkan Produk di Prancis

Marcheilla Ariesta • 24 Juni 2022 20:09
Paris: Sebanyak 15 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia hadir dalam pameran bertajuk 'Experience Indonesia: Un Voyage Artisanal' di Paris, Prancis. Kegiatan ini merupakan upaya KBRI Paris untuk melaksanakan komitmen pemerintah memajukan UMKM hingga tembus pasar Eropa.
 
Kegiatan ini masuk ke dalam agenda resmi Paris Fashion Week 2022. KBRI Paris bekerja sama dengan Bank Indonesia dan L'Adresse Paris Agency dalam pelaksanaannya.
 
Pameran dilakukan pada 23-25 Juni 2022 di sebuah showroom pusat kota Paris yang berada di depan Galeries Lafayette. Selama tiga hari pameran, pengunjung dapat melihat beragam produk Indonesia dari 15 UMKM binaan Bank Indonesia, sembari menikmati kopi dan jajanan pasar khas Nusantara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Duta Besar RI untuk Paris, Mohamad Oemar mengatakan, pameran produk UMKM tersebut merupakan hasil kolaborasi antara KBRI Paris, Bank Indonesia dan pelaku UMKM. Meski demikian, masuknya produk ke ajang berkelas internasional bukan prestasi akhir, tapi awal baru upaya agar produk tersebut masuk pasar mancanegara.
 
"Banyak orang mengharapkan langsung terjadi transaksi menguntungkan setelah mengikuti ajang seperti Paris Fashion Week. Ini merupakan prestasi UMKM nusantara yang cukup membanggakan untuk memperkenalkan produk tersebut di pasar internasional," kata Oemar, dikutip dari keterangan tertulis KBRI Paris yang diterima Medcom.id, Jumat, 24 Juni 2022.
 
"Diharapkan dapat menjadi pionir bagi para pelaku usaha kriya dan wastra Nusantara agar terpacu untuk meningkatkan kualitas karyanya guna menembus pasar global," sambung dia.
 
Ia menambahkan, para pelaku bisnis harus memiliki kualitas dan mempertahankannya untuk dapat bertahan di pasar internasional.
 
"Jika produk tersebut terbukti dapat mempertahankan kualitasnya untuk jangka waktu panjang, barulah calon pembeli merasa yakin dan kemudian akan melakukan pemesanan dalam jumlah besar dan berulang," sambung dia.
 
Ia menambahkan, beberapa jaringan mal besar dan rumah mode terkemuka di Paris menyampaikan minatnya untuk hadir melihat langsung produk yang dipamerkan. Oemar menegaskan, pentingnya kolaborasi semua pemangku kepentingan untuk menjaga ekosistem yang kondusif bagi pengembangan UMKM.
 
Pameran “Expérience Indonesia : Un Voyage Artisanal” menghadirkan berbagai produk UMKM terpilih hasil binaan Bank Indonesia, seperti produk fesyen, dekorasi rumah, dan perlengkapan dapur. Produk-produk tersebut berasal berbagai daerah di Indonesia, antara lain dari Sumatera Utara, Riau, Banten, DKI Jakarta, DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif