Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis 30 Juni 2022. Foto: Kremlin
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis 30 Juni 2022. Foto: Kremlin

Putin Senang Melihat Kehadiran Jokowi di Rusia

Fajar Nugraha • 01 Juli 2022 01:04
Moskow: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis 30 Juni 2022. Isu Ukraina menjadi salah satu hal yang dibahas.
 
Berbicara setelah pertemuan, Putin mengaku senang melihat Jokowi. “Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow,” ujar Putin, seperti dikutip dari situs Kepresidenan Rusia.
 
“Indonesia adalah salah satu negara di mana kita telah mengembangkan hubungan yang sangat baik. Termasuk menjalin hubungan diplomatik selama beberapa dekade,” imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Yang penting, kita mengembangkan hubungan kita di semua bidang, seperti ekonomi, politik dan keamanan dan, tentu saja, upaya untuk melawan ancaman terorisme. Tahun lalu, perdagangan kami meningkat 42 persen dan tumbuh lebih cepat tahun ini,” tegas Putin.
 
Baca: Presiden Jokowi Sebut Putin Jamin Keamanan Pasokan Pangan Dunia.

Lebih lanjut Putin menambahkan bahwa dirinya tahu Indonesia tertarik untuk mengembangkan hubungan dengan Uni Ekonomi Eurasia (EAEU). Sementara Rusia memutuskan pada Mei untuk memulai proses pemulihan hubungan dengan organisasi regional ini.
 
Peran Indonesia di G20 juga menjadi perhatian dari Putin.
 
“Tahun ini Anda akan memimpin pertemuan G20 dan tahun depan Anda akan memimpin ASEAN. Saya yakin bahwa kita akan fokus pada semua masalah ini hari ini,” ucap Putin.
 
“Ketika kami berbicara melalui telepon, Anda menyatakan keprihatinan dan minat dalam masalah penyelesaian krisis di Ukraina, di Donbass. Secara alami, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang semua yang terjadi di sana dan tentang perspektif kami tentang masalah ini,” ujar Putin.
 
Sementara Presiden Jokowi menegaskan Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun dalam menjalankan misi perdamaian. Indonesia, lanjut Jokowi, hanya ingin melihat perang segera berakhir dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi bisa pulih kembali.
 
"Karena ini untuk kepentingan ratusan juta bahkan miliaran manusia," papar dia.
 
Jokowi menekankan sudah menjadi kewajiban bagi dirinya sebagai pemimpin bangsa Indonesia berupaya semaksimal mungkin menciptakan perdamaian dunia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. 
 
Kunjungan ke Moskow dilakukan oleh Presiden Jokowi setelah mendatangi Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Rabu 29 Juni 2022.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif