Ilustrasi aktivitas sehari-hari di sebuah penjara. (Foto: AFP)
Ilustrasi aktivitas sehari-hari di sebuah penjara. (Foto: AFP)

Ratusan Orang Terluka dalam Kerusuhan di Penjara Rusia

Willy Haryono • 11 April 2020 10:04
Irkutsk: Lebih dari 300 orang terluka dalam kerusuhan di sebuah penjara di wilayah Irkutsk, Siberia, Rusia. Kerusuhan dikabarkan pecah usai seorang narapidana dipukuli salah satu sipir penjara.
 
Dikutip dari Radio Free Europe, Sabtu 11 April 2020, kelompok For Human Rights mengatakan bahwa pasukan khusus Rusia telah dikerahkan ke penjara bernama Prison No. 15 di Angarsk pada Kamis malam untuk meredam kerusuhan.
 
Juru bicara Badan Lembaga Pemasyarakatan Federal untuk Irkutsk Oblast mengklaim kerusuhan tersebut terjadi usai seorang narapidana menyerang sipir, bukan sebaliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Situasi di Prison No. 15 dan area sekitarnya sudah terkendali," ucap jubir tersebut.
 
Sejumlah video di media sosial memperlihatkan gedung penjara yang terbakar. Dalam video juga terdengar narapidana yang mengklaim bahwa para sipir penjara berusaha "membunuh" mereka semua.
 
Komite Investigatif Irkutsk Oblast telah membuka penyelidikan kriminal atas kerusuhan tersebut. For Human Rights dan sejumlah kelompok hak asasi manusia lainnya tidak diizinkan masuk ke penjara tersebut, yang saat ini dihuni sekitar 1.300 narapidana.
 
Menurut laporan kantor berita Tass, sebuah pabrik kayu dan satu bangunan lainnya juga ikut terbakar dalam peristiwa di Irkutsk.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif