Resepsi diplomatik KJRI Chicago menjadi ajang silaturahmi dan pameran galeri batik Indonesia. (KJRI Chicago)
Resepsi diplomatik KJRI Chicago menjadi ajang silaturahmi dan pameran galeri batik Indonesia. (KJRI Chicago)

Resepsi Diplomatik Jadi Ajang Promosi Batik ala KJRI Chicago

Willy Haryono • 30 Oktober 2022 12:37
Chicago: Dalam rangka mempromosikan batik dan juga merayakan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, KJRI Chicago mengadakan Resepsi Diplomatik di kantor KJRI Chicago pada Kamis, 27 Oktober lalu.
 
Menariknya, resepsi diplomatik kali ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi dan pengembangan jejaring antara KJRI Chicago dengan para mitra kerja diplomatik dan bisnis, tetapi juga ditujukan untuk memamerkan galeri batik dan produk-produk Indonesia, khususnya makanan dan minuman, perhiasan serta kerajinan UMKM. 
 
Secara khusus untuk memperingati momentum Hari Batik Nasional, diadakan juga pagelaran busana batik yang menampilkan tiga butik dari Indonesia, yaitu Djadi Batik dari Yogyakarta, Tepa Selira dari Jakarta, serta Ozzy dan My Batik Shop yang berbasis di Chicago.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diiringi medley lagu daerah Indonesia yang diaransemen secara kontemporer, para model yang terdiri dari kawula muda Indonesia dan asing dari berbagai etnis berlenggok di aula KJRI Chicago yang ‘disulap’ menjadi catwalk, serta berhasil memukau para tamu undangan yang hadir. 
 
Komunitas Indonesia-Amerika ini diakui juga oleh Wali Kota Chicago telah memberikan kontribusi penting pada perkembangan dan pertumbuhan kota Chicago.
 
"Saya merasa sangat terhormat untuk menyambut semua yang sudah berkumpul untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan Indonesia dan kami mendorong semua komunitas di Chicago, khususnya Asian-American untuk ikut merayakan," ucap Anel Marchan, Deputy Director Global Strategic Initiatives World Business Chicago, dalam pidatonya mewakili Wali Kota Lightfoot.
 
Annel juga menambahkan bahwa dia sangat terkesan dengan galeri batik yang ada di KJRI Chicago. "Saya juga belajar banyak mengenai batik dan bagaimana Indonesia adalah pemimpin yang diakui UNESCO (mengenai batik)," ungkapnya, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima Medcom.id, Minggu, 30 Oktober 2022.
 
Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir menyampaikan bahwa, "Hari ini sangat spesial karena tidak hanya KJRI merayakan kemerdekaan Indonesia, tapi juga Hari Batik Nasional."
 
Konjen Meri juga bercerita mengenai bagaimana batik adalah sesuatu yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia, dan batik dikenakan di acara-acara penting sepanjang hidup, mulai dari kelahiran, pernikahan sampai kematian. 
 
"Nanti Galeri Batik ini juga akan dilengkapi dengan penayangan film pendek, virtual reality corner dan kelas musik dan kelas bahasa Indonesia," cetus Konjen Meri.
 
Di akhir pidato, Konjen Meri menyampaikan undangan kepada semua yang hadir untuk datang ke Indonesia bersama keluarga tercinta. "Mulai dari makanan, pemandangan indah, investasi, bisnis dan juga lapangan golf kelas dunia, Indonesia punya semua," sebutnya.
 
Ucapan Hari Kemerdekaan juga datang dari tamu-tamu VIP lainnya, termasuk Jeannete Juricic, Direktur Regional Office of Foreign Mission Chicago; Dr Gopal Lalmalani, Walikota Oakbrook; dan Billy Adolfo Jose Munoz Miranda, Konsul Jenderal Guatemala yang hadir dalam kapasitasnya sebagai Ketua (Dean) Chicago Consular Corps. 
 
Konjen Billy Miranda menyampaikan, "saat saya melihat sekeliling saya di ruangan ini, saya yakin bahwa kalian adalah duta besar dan perwakilan terbaik bagi Indonesia." Dr. Gopal Lalmalani, satu-satunya walikota di AS yang lahir dan besar di Indonesia, bercerita mengenai masa kecil hingga saat dia kuliah kedokteran di Universitas Indonesia.
 
"Sebagai wali kota di Oakbrook, saya menjamin bahwa sebagai cara kami merayakan kemerdekaan Indonesia, siapa pun yang berbelanja di Oakbrook pada tanggal 17 Agustus akan mendapatkan diskon!" ujar Billy.
 
Tidak hanya pagelaran busana batik, para tamu resepsi juga disuguhi keramahan khas Indonesia, yaitu penampilan budaya Tari Tor Tor yang dibawakan oleh tiga siswi Indonesia di Chicago, serta juga hidangan spesial Indonesia berupa nasi goreng, mi goreng, dan rendang.
 
Para tamu undangan pada umumnya mengapresiasi langkah KJRI Chicago memadukan resepsi dengan pameran produk-produk Indonesia, di mana produk-produk yang ditampilkan memiliki kode QR yang apabila dipindai akan langsung menampilkan situs penjualnya, baik di Indonesia maupun di Amerika Serikat.
 
Baca:  Catat Sejarah, Tim Muhibah Angklung Performance Pukau Warga AS di Chicago
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif