Polisi di lokasi penembakan saat parade perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) di Chicago. Foto: Chicago Sun Times
Polisi di lokasi penembakan saat parade perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) di Chicago. Foto: Chicago Sun Times

Penembakan Pada Parade Hari Kemerdekaan AS di Chicago, 6 Orang Tewas

Fajar Nugraha • 05 Juli 2022 01:54
Chicago: Peristiwa penembakan terjadi di saat parade perayaan hari kemerdekaan 4 Juli di Chicago, Amerika Serikat (AS). Enam orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini.
 
“Enam orang tewas dan puluhan orang terluka ketika seorang pria bersenjata menembaki parade 4 Juli di Highland Park, Illinois, Senin pagi (waktu AS),” kata pihak berwenang, seperti dikutip The New York Times, Selasa 5 Juli 2022.
 
“Diyakini pelaku menembak dari atap, menggunakan senapan,” imbuh pihak kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi Highland Park mengatakan, Senin sore bahwa mereka terus mencari pria bersenjata itu dan mereka telah memasang garis pembatas di sekitar pusat kota.
 
“Warga di sekitar daerah itu diminta untuk berlindung di tempat,” peringatan polisi.
 
Anggota Kongres Brad Schneider, yang mewakili Highland Park, pinggiran utara Chicago, di Kongres mengatakan, dia berada di awal parade ketika seseorang mulai menembak. Dia mengatakan dia dan stafnya aman dan berhubungan dengan Wali Kota Lori Lighfoot. Wali Kota Lightfoot mengatakan, departemen kepolisian kotanya memberikan bantuan ke Highland Park.
 
“Penegak hukum sedang bekerja keras untuk membawa penembak ke dalam tahanan,” kata Lightfoot.
 
Pinggiran kota terdekat Evanston dan Deerfield membatalkan acara liburan mereka sendiri karena insiden tersebut.
 
Miles Zaremski, 73, seorang warga Highland Park yang berada di parade, mengatakan, dalam sebuah wawancara bahwa dia mendengar apa yang terdengar seperti suara tembakan dari senapan otomatis.
 
“Saya sudah lama bertugas, jadi saya tahu apa yang dihasilkan suara itu,” ucapnya.
 
Zaremski mengatakan bahwa dia berada sekitar satu blok jauhnya ketika dia mendengar suara "pop pop pop pop pop."
 
“Awalnya saya pikir itu bumerang atau mungkin petasan. Tapi kemudian tiba-tiba ada serbuan massa yang hadir di kedua sisi jalan. Jadi saya agak hati-hati berjalan, dan tiba-tiba saya melihat orang-orang berlumuran darah,” ungkapnya.
 
Dia menggambarkan kengerian dari insiden tersebut. “Penembakan itu menyebabkan adegan ‘mengerikan’ orang-orang ketakutan dan tubuh berlumuran darah. Saya belum pernah melihat yang seperti itu dalam hidup saya," ucapnya.
 
“Itu adalah kekacauan,” tambahnya.
 
Seorang peserta parade lainya, Lisa Schulkin mengatakan, kekacauan dimulai tak lama setelah parade dimulai pada pukul 10.00 pagi. Stasiun berita, WGN9. “Jalanan dipenuhi orang-orang berlarian, anak-anak menangis,” tambahnya.
 
Schulkin mengatakan bahwa dia berada di tempat parkir dan bersembunyi di bawah mobil bersama beberapa orang lain sampai sekitar pukul 10:45, ketika suaminya tiba di dekatnya dan dia dapat mencapai mobilnya. Rekaman berita lokal menunjukkan kursi lipat, kendaraan parade, dan kendaraan hias -,beberapa di antaranya didekorasi dengan bendera Amerika dan perada merah, putih dan biru,- ditinggalkan di jalan.
 
Highland Park adalah pinggiran kota yang menampung sekitar 30.000 orang. Itu terletak di sepanjang pantai Danau Michigan, sekitar 25 mil di utara pusat kota Chicago.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif