Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny. (Foto: AFP)
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny. (Foto: AFP)

Pemimpin Oposisi Rusia Dirawat dalam Kondisi Koma

Internasional politik rusia
Willy Haryono • 21 Agustus 2020 07:50
Moskow: Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny dirawat dalam kondisi koma di sebuah rumah sakit usai diduga keracunan zat tertentu. Aktivis anti-korupsi itu jatuh sakit dalam sebuah penerbangan, dan pesawatnya terpaksa mendarat darurat di kota Omsk.
 
Kira Yarmysh, sekretaris pers Yayasan Anti-Korupsi yang didirikan Navalny pada 2011, mengatakan bahwa Navalny jatuh sakit dalam penerbangan dari Tomsk ke Moskow.
 
"Selama penerbangan, ia jatuh sakit. Pesawatnya mendarat darurat di Omsk. Alexei menderita keracunan," ujar Yarmysh, dikutip dari laman BBC, Jumat 20 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menduga Alexei mengonsumsi racun yang dicampur ke dalam teh. Sebelum terbang, ia hanya meminum teh. Dokter berkata racun menyerap lebih cepat melalui air panas. Alexei masih belum sadarkan diri," sambungnya.
 
Saat ini, Navalny dikabarkan dalam kondisi koma dan harus dipasangi ventilator. Rumah sakit tempatnya dirawat dipenuhi polisi. Semua barang bawaan Navalny telah disita.
 
Yarmysh mengatakan tim dokter awalnya siap berbagi informasi seputar Navalny. Namun selang beberapa waktu, dokter berkata hasil tes toksikologi tertunda karena beberapa hal.
 
"Diagnosisnya diperkirakan keluar malam nanti," ujar Yarmysh.
 
Istri Navalny, Yulia Navalnaya, tiba di rumah sakit bersama seorang dokter bernama Anastasia Vasilyeva. Kepada awak media, Vasilyeva mengatakan bahwa ia berencana memindahkan Navalny ke sebuah pusat penanganan racun di Eropa.
 
Navalny dikenal sebagai kritikus vokal di Rusia, yang melabeli pemerintahan Rusia di bawah Vladimir Putin sebagai "kelompok penjahat dan pencuri." Ia telah beberapa kali dijebloskan ke penjara atas berbagai tudingan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif