ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Meksiko, Warga Berhamburan ke Jalan

Willy Haryono • 20 Maret 2021 16:52
Mexico City: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Meksiko bagian tengah pada Jumat, 19 Maret, malam waktu setempat. Gempa ini sempat memicu sistem alarm di beberapa kota, dan juga membuat warga berhamburan ke jalanan.
 
Terlepas dari kepanikan warga di sejumlah kota di Meksiko, sejauh ini tidak ada laporan korban luka maupun kerusakan bangunan.
 
Menurut laporan badan seismologi nasional Meksiko, episentrum gempa berlokasi sekitar 59 kilometer dari San Marcos di negara bagian Guerrero dengan kedalaman 19 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari laman Al Arabiya pada Sabtu, 20 Maret 2021, guncangan ini memicu sistem alarm di ibu kota Mexico City, yang biasanya digunakan pemerintah untuk memperingatkan warga akan bahaya gempa.
 
Meski alarm berbunyi, guncangan gempa tidak terlalu terasa di wilayah ibu kota. Otoritas setempat juga tidak melaporkan adanya kerusakan bangunan.
 
Di resor Acapulco dekat episentrum gempa, guncangan terasa sedikit lebuh kuat. Banyak turis dilaporkan beramai-ramai keluar dari hotel mereka saat terjadinya gempa.
 
"Kami panik dan merasa harus pergi secepat mungkin. Tapi saya tidak bisa pergi karena salah satu anak saya sedang mandi saat itu," kata Virginia Hernandez, seorang turis dari Mexico City.
 
Meksiko sering diguncang gempa bumi, terutama di wilayah sepanjang pesisir Pasifik.
 
Pada 2017, ibu kota Meksiko diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,1 yang merusak banyak bangunan serta menewaskan 370 orang dan melukai ribuan lainnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif