Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir perluas kerja sama pengembangan vaksin di Inggris. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir perluas kerja sama pengembangan vaksin di Inggris. Foto: Dok.Kemenlu RI

Kualitas BioFarma Memproduksi Vaksin Diakui Badan Kesehatan Dunia

Internasional Bio Farma vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 14 Oktober 2020 21:52
London: Indonesia menyampaikan keinginannya untuk menjadi bagian dari Dewan Investor Coalition for Epidemic Preparedness Innovation (CEPI). Keinginan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bertemu dengan CEO CEPI di London, Inggris.
 
Baca: Menlu Retno Bahas Pengembangan Vaksin Covid-19 dengan Inggris.
 
"Sebagai bentuk komitmen Indonesia terhadap upaya multilateral untuk menjamin akses setara vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau, maka selama pertemuan dengan CEPI, Indonesia telah menyampaikan keinginan untuk menjadi bagian dari CEPI Investors Council," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, CEPI menyambut keinginan Indonesia untuk melakukan kerja sama jangka panjang dengan mereka. Kerja sama tersebut antara lain pengembangan berbagai platform teknologi rapid vaccine dan imunoprofilaksis untuk melawan patogen yang tidak diketahui.
 
Kerja sama jangka panjang lainnya adalah riset dan pengembangan inovasi vaksin berpotensi epidemi/pandemi.
 
Retno menuturkan, pertemuan dengan CEPI ini juga membahas tindak lanjut dari due diligence yang dilakukan CEPI terhadap Biofarma pada September lalu.
 
"CEPI menghargai komitmen Indonesia untuk melakukan kerja sama dengan CEPI," ucapnya.
 
CEO CEPI, kata Retno, menyampaikan hasil due diligence (uji tuntas) terhadap BioFarma menunjukkan hasil yang sangat baik. Karenanya, CEPI siap melakukan kerja sama dengan BioFarma.
 
"Hasil baik due diligence ini juga merupakan pengakuan terhadap kapasitas dan kualitas yang dimiliki BioFarma untuk manufacturing vaksin," pungkasnya.
 
Tak hanya melakukan pertemuan dengan CEO CEPI, Retno dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan ke AstraZeneca dan Imperial College London.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif